Tombol Kontroler DualSense Bertukar Fungsi di Jepang

Pertama kali dilaporkan oleh AV Watch Impress, akan terdapat sedikit perubahan kepada tombol kontroler untuk konsol PlayStation 5. Tombol X sekarang akan menjadi sebuah metode universal untuk membuat sebuah konfirmasi di dalam sistem PlayStation 5 dan juga menu dalam game. Untuk para gamer yang ada di bagian barat, atau yang sudah terbiasa dengan menggunakan tombol X untuk mengkonfirmasi, tentunya hal ini bukanlah sebuah perubahan. Namun, sejauh ini, berbagai konsol PlayStation telah menyematkan tombol O sebagai tombol untuk mengkonfirmasi.

Seorang Humas dari Sony mengkonfirmasi kepada Av Watch, “Tujuan pada perubahan ini adalah untuk menghindari situasi dimana tombol konfirmasi berbeda antara yang ada di sistem dengan yang ada di game.”

Sejak konsol PS1, tombol paling kanan, O, selalu menjadi tombol untuk konfirmasi pada konsol PlayStation di Jepang. Hal ini merupakan sebuah tren yang diikuti oleh Sony dari Nintendo, dimana kontroler Nintendo dari SNES hingga saat ini selalu menggunakan tombol yang berada di paling kanan.

Sebaliknya, di barat, tombol bagian kanan yang berada di paling bawah pada sebuah kontroler (X pada PlayStation, A pada Xbox dan PC) digunakan untuk konfirmasi, dan kontroler Nintendo. Hal ini terjadi karena kondisi sosia. X merepresentasikan sebuah “tanda centang” dibarat. Sedangkan untuk masyarakat Jepang, X mengindikasikan “salah” sehingga biasanya fungsinya untuk membatalkan atau kembali di menu Jepang. Dengen mempertimbangkan kebingungan yang dimunculkan antara wilayah, serta tidak semua game mengikuti satu set aturan, yang akhirnya dapat membuat para pemain terkadang bisa kehilangan arah di dalam game.

Hal ini akan menjadi menarik untuk disimak, mengenai bagaimana tombol-tombol DualSense yang berubah diimplementasikan dengan game backward compatible PS4 pada sistem baru.

Sumber: Siliconera

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More