Trailer Final Fantasy 14: Shadowbringers Diplagiat Oleh Game Mobile Asal China

Game mobile asal China, Doula Continent: Soul Master Duel, oleh 37 Interactive, belum lama ini telah menghadirkan sebuah video promosi yang tampaknya meniru bagian-bagian dari trailer Final Fantasy 14: Shadowbringers yang dirilis pada tahun 2019.

Final Fantasy 14: Shadowbringers merupakan ekspansi paling baru dari Square Enix untuk game MMORPG mereka, dan meski trailer ini sudah berusia lebih dari dua tahun, Doula Continent: Soul Master Duel sepertinya ingin mencoba mendapatkan popularitas tersebut dengan menghadirkan sebuah trailer yang hampir mirip. Daniel Ahmad, seorang analis senior di Niko Partners, dan merupakan expert di market game Asia, merupakan yang pertama menemukan kesamaan antara kedua video promosi tersebut.

Sebuah perbandingan yang di sandingkan secara bersebelahan dari kedua trailer tersebut terlihat sangat jelas bahwa plagiarisme ini memang di sengaja. Bukan hanya pada bagian sequence action dan angle kamera yang hampir identik, namun Soul Master Duel bahkan meniru Warrior of Light dari Final Fantasy 14: Shadowbringers dimana ia mengganti berbagai senjata untuk mengalahkan musuh angelic-nya.

YouTube player

Selama beberapa tahun belakangan ini tidak ada yang memperhatikan kesuksesan dari Final Fantasy 14, jadi bukanlah sebuah hal yang mengejutkan jika terdapat perusahaan game lain yang ingin mengikuti kesuksesan tersebut. Namun, Doula Continent adalah IP pan-entertainment. Meskipun tidak dikenal di luar China, namun game ini cukup populer di negaranya, dan ditampilkan di beberapa game, animasi, dan novel lainnya. Jackie Chan, artis dan aktor bela diri terkenal bahkan tampil di salah satu iklan game ini. Daniel Ahmad sendiri mengatakan bahwa ia tidak mengerti mengapa 37 Interactive merasa perlu meniru Square Enix, mengingat popularitas, kredibilitas, dan kesuksesan perusahaan tersebut.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More