Xbox dan PlayStation Tidak Akan Merilis Konsol Baru Setidaknya Sampai 2028 Nanti

Dilansir dari dokumen baru, Microsoft dan Sony diperkirakan tidak akan merilis konsol baru sampai dengan tahun 2028 nanti.

Kedua perusahaan tersebut mendiskusikan potensi perilisan konsol baru dalam sebuah pernyataan yang dirilis sebagai bagian dari investigasi yang tengah berlangsung oleh Competition and Markets Authority mengenai akuisisi Activision Blizzard yang diajukan oleh Microsoft.

CMA sendiri menunjukan kekhawatiran mereka mengenai dampak dari akuisisi tersebut terhadap kemampuan PlayStation untuk berkompetisi mengingat akuisisi itu nantinya akan membuat Microsoft mendapatkan kepemilikan dari seri Call of Duty, dan seri-seri lainnya yang ada di bawah naungan Activision Blizzard.

“Dampak ini kemungkinan akan terasa terutama pada perilisan konsol generasi selanjutnya, dimana para gamer membuat keputusan baru mengenai konsol yang akan mereka beli,” sebut salah seorang regulator.

Sony dan Microsoft sendiri telah merilis konsol terbaru mereka, PS5, dan Xbox Series pada November 2020 kemarin.

Dalam respon mengenai kekhawatiran CMA, Microsoft mengatakan bahwa konsol generasi berikutnya masih beberapa tahun lagi, dan mengklaim bahwa dampak kesepakatan Activision sangat spekulatif.

Sony berargumen bahwa terdapat ancaman nyata jika Microsoft menjadikan Call of Duty sebagai game eksklusif Xbox, sedangkan Microsoft mengklaim bahwa hanya sedikit kekuatan untuk melakukannya.

Terlepas dari apakah yang dikatakan kebenaran atau tidak, pernyataan Microsoft mengkonfirmasi bahwa mereka telah memberikan tawaran kontraktual kepada Sony dengan menghadirkan Call of Duty di PlayStation setidaknya hingga akhir 2027 (sejak komentar Microsoft diberikan kepada CMA, Microsoft mengklaim telah menjadi tawaran Call of Duty ke Sony menjadi 10 tahun).

Secara hipotesis, terdapat kemungkinan bahwa Microsoft akan menarik Call of Duty dari platform PlayStation setelah tahun 2027 mendatang, dengan menyebutkan bahwa Sony memiliki waktu yang cukup untuk menyesuaikan strategi komersialnya.

Mengingat bahwa Phil sempat mengatakan akan mendukung seluruh platform, dan terbukti Starfield dan game Skyrim berikutnya menjadi game eksklusif Xbox dan PC. Kemungkinan besar Call of Duty akan menjadi game eksklusif Xbox.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More