Xbox Lebih Populer Ketimbang PlayStation di Amerika

Pertarungan antara konsol milik Microsoft dan Sony terus berlangsung semenjak awal tahun 2000-an dengan perilisan konsol Xbox, dan PlayStation 2. Kedua perusahaan konsol tersebut terus berkompetisi selama bertahun-tahun untuk mengambil kontrol pasar game konsol, namun sepertinya Xbox berhasil mengalahkan PlayStation dalam satu wilayah di dunia.

Dalam angka penjualan, konsol PlayStation 2 merupakan konsol video game terlaris sepanjang masa, namun ketika konsol Xbox pertama memasuki persaingan dengan game Halo beserta berbagai game third-party lainnya, telah menyebabkan persaingan diantara keduanya. Sejak saat itu, Xbox dan PlayStation berjuang untuk saling mengalahkan. Namun, dalam hal pangsa pasar, pemenangnya jelas: Sony.

Berdasarkan hasil studi yang baru-baru ini dirilis oleh GamingSmart, konsol PlayStation 5 saat ini memegang lebih dari 65 persen market share konsol game, dimana Xbox Series X dan Series S hanya berada sedikit dibawah 35 persen. Namun, di Amerika Serikat, Xbox memiliki mayoritas market share dengan 50.18 persen populasi gaming memiliki Series X atau Series S, sedangkan sisanya memiliki PlayStation 5.

Salah satu faktor yang memungkinkan Xbox memiliki performa yang lebih baik di Amerika Serikat kemungkinan karena Microsoft adalah sebuah publisher asal Amerika, dan tentunya memiliki brand yang lebih dikenal dibandingkan dengan PlayStation. Dan mungkin juga Xbox merupakan konsol yang lebih dikenal luas di AS dibandingkan wilayah lainnya.

Sumber: Gamerant, GamingSmart

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: