Xbox Series Diklaim Bisa Menggunakan SSD Standar

Seorang modder dikabarkan telah berhasil mengubah sebuah SSD internal menjadi sebuah external expansion card untuk Xbox Series, dan menteorikan bahwa SSD yang lainnya bisa berjalan juga.

Sejauh ini, Xbox Series hanya memiliki dua solusi storage saja untuk menjalankan game, yakni SSD internal yang ada di konsol tersebut, dan sebuah expansion card Seagate yang cocok dimasukan ke dalam port yang ada di belakang konsol tersebut.

Seorang anggota dari situs BiliBili China telah menuliskan sebuah penjelasan mengenai bagaimana mereka dapat membeli external SSD yang lain, dan membuatnya berjalan di konsol tersebut selayaknya expansion card Seagate.

Ia mengatakan bahwa mereka menemukannya selagi menonton sebuah video teardown dari konsol tersebut bahwa konsol ini menggunakan dua slot PCIe 4.0 x2, satu untuk storage SSD NVMe internal, dan satu lagi untuk expansion card Seagate.

Mereka juga mencatat bahwa expansion card adalah sebuah CFExpress card, yang juga menggunakan protocol NVMe. Mereka berteori bahwa selama mereka bisa menemukan SSD PCIe 4.0 yang tepat, maka mereka bisa mengubahnya untuk cocok dengan port expansion card dengan menggunakan sebuah adapter.

https://www.videogameschronicle.com/files/2021/09/xbox-storage.jpg

SSD yang mereka pilih adalah sebuah Western Digital SN530 m.2 2230 berkapasitas 1TB, karena menurutnya, barang ini sama dengan SSD internal yang digunakan di dalam konsol Xbox Series X.

Dengan menghubungkan SSD ini pada sebuah adapter CFe to NVMe, ia bisa memasukan SSD tersebut ke Xbox Series S melalui expansion card.

Dan konsol tersebut mendeteksinya, dan mendaftarkan storage tersebut sebagai ‘Storage Expansion Card’, memberikannya 867 GB storage tambahan.

Sang member BiliBili tersebut menekankan bahwa mereka hanya mengujinya menggunakan SSD yang sama yang digunakan sebagai internal storage Xbox Series X/S, dan tidak dapat memastikan bahwa storage lainnya akan mendapatkan hasil yang sama.

Mengenai mengapa memilih PCIe 4.0, disebutkan bahwa terdapat seseorang yang mencoba memasukan CFexpress Type B, PCIe 3.0 x2, 2000MB/s ke konsol Xbox Series dan mendapatkan pop-up yang memberitahu bahwa storage tidak kompatibel.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: