Yoshi-P Kembali Tegaskan Ia Masih Menangani Final Fantasy XIV dan XVI

Dalam sebuah wawancara dengan Famitsu, Director dan Producer Naoki Yoshida, atau yang dikenal juga Yoshi-P, duduk bersama untuk mendiskusikan pengembangan dari Final Fantasy XIV Shadowbringers. Dalam wawancara tersebut Yoshi-P mengkonfirmasi bahwa ia masih bekerja keras di Final Fantasy XIV bersamaan dengan pengembangan Final Fantasy XVI. Wawancara ini berjalan cukup dalam mengenai keputusan kreatif yang dibuat untuk Relic Weapon Questline “Save the Queen,” yang berakhir dnegan Yoshi-P menegaskan kembali bahwa ia masih terlibat cukup dalam pada kedua proyek tersebut.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Yoshi-P telah membagikan detail mengenai keputusan kreatif yang dibuat untuk “Save the Queen” dan untuk Shadowbringers. Hal ini termasuk bagaimana setiap alur cerita dipengaruhi, dan alasan Fordola tetap hidup setelah Stormblood.

Yoshi-P juga mengungkapkan bahwa ia telah berbicara kepada Yasumi Matsuno mengenai hal tersebut. Awalnya, ia khawatir, namun kemudian merasa bahwa hasilnya realistis. Ia merujuk pada konsep “otoshimae” dalam wawancara sebagai sebuah paralel dengan Fordola, dan alasan tersebutlah yang membuatnya tetap hidup dalam konsep penebusan kesalahan.

Mengenai pengembangan dari Final Fantasy XVI bersamaan dengan hal yang diterapkan kedalam Final Fantasy XIV, Yoshi-P mengatakan:

Ini bukanlah akhir dari Final Fantasy XIV, dan Saya harap para pemain akan menantikan pengembangan lebih lanjut… Baru-baru ini, Saya telah melihat beberapa komentar di media sosial yang mengatakan “Yoshi-P terlalu sibuk untuk menangani Final Fantasy XVI, dan melepas Final Fantasy XIV.” Hal ini sama sekali tidak terjadi. Saya masih bekerja sangat keras di game tersebut, jadi Saya berharap kalian masih tetap bersama dengan saya.

Ia kemudian mengatakan:

Berbagai kesalahan bisa terjadi, dan akan terjadi, dalam pengembangan. Terkadang Saya melihat beberapa postingan yang mengatakan “Ini [bug] terjadi karena Yoshi-P belum melihatnya!” Sayapun bisa membuat kesalahan, Saya minta maaf! Namun kami akan terus melakukan yang terbaik.

Final Fantasy XIV saat ini sudah tersedia di PlayStation 4, PlayStation 5, dan PC. Sedangkan Final Fantasy XIV Endwalker akan dirilis pada tanggal 23 November mendatang. Bagi kalian yang telah melakukan pre-order ekspansi tersebut, kalian bisa mengaksesnya lebih awal pada tanggal 19 November nanti. Untuk Final Fantasy XVI sampai saat ini masih belum memiliki tanggal perilisan.

Sumber: Siliconera

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More