Yuji Naka Terancam Hukuman Penjara 2,5 Tahun dan Denda Miliaran Rupiah Akibat Insider Trading

Insider trading adalah tindakan membeli atau menjual saham suatu perusahaan dengan menggunakan informasi rahasia yang belum diumumkan kepada publik. Tindakan ini dianggap ilegal karena dapat merugikan investor lain yang tidak memiliki akses ke informasi tersebut. Dan hal ini telah dilakukan oleh seorang developer game veteran yang dikenal juga sebagai pencipta karakter Sonic the Hedgehog dan juga pendiri dari Sonic Team, yang tidak lain dan tidak bukan adalah Yuji Naka yang kini namanya sudah tercoreng akibat tindakan yang ia lakukan sendiri.

Berawal pada tahun 2022, Yuji Naka berada di Square Enix sebagai kepala divisi game mobile. Saat itu, Square Enix sedang mengembangkan dua game mobile baru yang belum diumumkan, yaitu Dragon Quest Tact dan Final Fantasy VII: The First Soldier. Yuji Naka disebut mendapatkan email internal perusahaan yang secara tidak sengaja dikirim kepadanya mengenai kedua game tersebut, dan ia kemudian memanfaatkan informasi itu untuk membeli saham Square Enix sebanyak 4.000 lembar pada tanggal 25 Juni 2022. Dan pada tanggal 27 Juni 2022, Square Enix mengumumkan kedua game tersebut secara resmi, hal ini berhasil menyebabkan harga saham Square Enix bergerak naik sekitar 10 persen. Pada 29 Juni 2022 Yuji Naka memutuskan untuk menjual saham miliknya yang membuatnya mendapatkan keuntungan sekitar 170 juta Yen.

Yuji Naka Insider Trading

Tindakan Yuji Naka ini terendus oleh otoritas keuangan Jepang, yang kemudian melakukan penyelidikan. Pada tanggal 2 Maret 2023, Yuji Naka ditangkap dan didakwa melanggar Undang-Undang Instrumen Keuangan dan Pertukaran, dan Ia mengaku bersalah dalam sidang pertama yang digelar di hari yang sama. Sidang ketiga untuk kasus ini digelar pada tanggal 1 Juni dini hari di Pengadilan Distrik Tokyo dengan jaksa penuntut umum menuntut Yuji Naka dengan hukuman penjara selama dua tahun dan enam bulan, serta denda sebesar 2,5 juta yen dan tambahan sebesar 170 juta yen.

Tentunya pengacara sang developer ini meminta untuk keringan hukuman dengan vonis akhir untuk kasus ini nantinya akan diumumkan pada tanggal 7 Juli 2023. Apapun hasilnya, kasus ini telah menodai reputasi Yuji Naka sebagai salah satu legenda industri game, dan kasus ini juga menjadi peringatan bagi para pelaku industri game lainnya untuk berhati-hati dalam berinvestasi saham.


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

Sumber: Gamesradar, Siliconera

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More