7 Game Yang Setidaknya Harus Kalian Selesaikan 2 Kali

Atau bahkan 3 kali?

Sejumlah video game ada yang cukup mudah dan sederhana, namun ada juga yang tidak. Seperti game-game modern yang menghadirkan cerita yang sederhana dan para pemainnya cukup menjalankan misi saja tanpa harus mengambil banyak keputusan yang besar, namun juga ada game-game yang penuh dengan lore dan terkadang pilihan yang dilakukan bisa berdampak pada cerita serta ending yang akan di dapatkan, terkadang bahkan harus ditamatkan lebih dari satu kali.

Dan semakin berkembangnya industri game, maka semakin banyak juga game kompleks yang ditawarkan, dan terkadang harus dimainkan ulang agar lebih memahami apa yang ingin diceritakan oleh sang developer. Dan berikut ini adalah daftar game yang sebaiknya diselesaikan lebih dari sekali atau bahkan tiga kali, atau lebih.

YouTube player

Red Dead Redemption 2

Red Dead Redemption 2 salah satu game yang berhasil menggunakan tema Wild West yang sudah sering digunakan berkali-kali dalam berbagai sudut entertainment dan masih bisa menawarkan hal yang baru di dalamnya. Hal itu sudah bisa menjadi sebuah alasan untuk para pemainnya memainkannya lebih dari satu kali. Namun alasan utamanya adalah karena ukurannya yang sangat luas. Mirip dengan game lainnya yang akan dibahas dalam artikel ini, banyak hal yang tidak bisa kalian nikmati sekaligus hanya dalam satu kali playthrough saja, di sisi lain game ini juga memiliki fitur moralitas yang membuat pemainnya penasaran bagaimana jika mereka mengambil pilihan yang lain.

YouTube player

Dead Rising

Sebuah game dimana para pemainnya mayoritas berasa tertekan oleh waktu, hal ini membuat kalian bisa melakukan kesalahan dan kehilangan misi. Hal ini yang cukup membuat para pemain kesulitan untuk menikmati berbagai hal yang ditawarkan game ini hanya dalam satu kali playthrough saja. Bahkan jika kalian tidak ingin memiliki playthrough yang lengkap sekalipun masih ada saja pemain yang kembali lagi dan ingin mencoba lebih banyak misi gila yang mereka lewatkan.

YouTube player

NieR: Automata

NieR: Automata, salah satu game yang hanya bisa dipahami secara keseluruhan ceritanya jika kalian menamatkan game ini lebih dari satu kali, lebih tepatnya kalian harus menamatkan game ini setidaknya tiga kali. Selain memiliki soundtrack yang bikin betah dan menyentuh emosi pemainnya, setiap playthrough yang kalian lalui juga berbeda-beda dan mengisahkan cerita dari sudut pandang yang lainnya. Lebih lanjut game ini juga memiliki ending yang cukup membagongkan yang dapat memberikan dampak permanen pada save file kalian.

YouTube player

Undertale

Sebuah game yang lebih dalam dari kelihatannya. Game ini menawarkan sejumlah jalan bagaimana kalian bisa memainkannya, mulai dari cara yang baik-baik hingga membunuh semua yang kalian temui di dalam game ini, sehingga pengalaman yang diterima oleh masing-masing gamer bisa jadi berbeda antara satu dengan yang lainnya.

YouTube player

BioShock

Terkadang dampak dari membuat pilihan yang salah di dalam sebuah game cukup mengganggu pikiran para pemain, seperti tidak menyelamatkan little sister di Rapture. Kalian yang tidak mengentahui seberapa buruknya memanen little sister, mungkin akan langsung memainkan playthrough kedua dari game BioShock ini, setidaknya untuk melihat apa yang terjadi jika kalian menyelamatkan seluruh little sister yang ada.

YouTube player

The Elder Scrolls: Skyrim

Salah satu game yang bisa disebut sebagai sebuah game legendaris juga masuk ke dalam daftar ini. Tentunya bagi kalian yang sudah menamatkan sekali Skyrim merasa tidak cukup. Hal ini bukan karena cerita namun banyak konten dan pilihan yang harus dibuat pada satu playthrough dan mengikat.

Quest seperti Dark Brotherhood, Civil War, dan Dawnguard menawarkan sejumlah jalan yang bisa dipilih oleh para pemain, dan bahkan cerita utama bisa berubah tergantung apakah kalian membunuh Paarthurnax atau tidak.

YouTube player

The Witcher 3

The Witcher 3, tidak hanya menjadi salah satu game terbaik yang dirilis dalam satu dekade terakhir ini, game ini membutuhkan playthrough kedua karena memiliki sistem moralitas yang dapat memberikan dampak kepada berbagai interaksi kecil yang ada di dalam game. Permasalahannya game ini terkadang akan membuat kalian memikirkan pilihan mana yang terbaik dari pilihan-pilihan buruk yang ditawarkan.

Dan itu adalah tujuh game yang kalau kalian mainkan patut untuk dimainkan ulang selama beberapa kali agar bisa memahami cerita yang ditawarkan atau bahkan mendapatkan seluruh konten yang sudah disematkan oleh sang developer.


Untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More