Denuvo Hadir di Switch Dengan Teknologi Anti Bajakan yang Bisa Cegah Emulator PC

Membahas dunia pembajakan tentunya tidak pernah ada habisnya, mulai dari PC yang memang terkenal mudah mendapatkan serangan dari bajakan, hingga ke konsol yang notabene merupakan platform tertutup pun tidak lepas dari tangan-tangan “kreatif”. Para developer game sendiri dan pemilik platform sudah melakukan berbagai macam cara agar setidaknya bisa memperlambat kapan game mereka dibajak, dan di situlah terdapat pihak ketiga yang paling dikenal mumpuni menghadapi para pembajak, yakni Denuvo dari Iderto. Sebelumnya hanya dikenal berada di platform PC saja, kini kabar terbarunya teknologi anti bajakan tersebut sudah secara resmi masuk ke konsol Nintendo Switch.

Dikabarkan melalui lamaan Iderto dan juga media sosial X Denuvo, mereka dengan bangga mengabarkan kalau teknologi Denuvo mereka sudah ditambahkan Nintendo Developer Portal, dimana para developer game nantinya bisa mengakses peralatan dan dokumentasi selagi mengembangkan game untuk Nintendo Switch. Alat pertama yang ditawarkan oleh Denuvo kepada para developer Switch adalah “Nintendo Switch Emulator Protection”, yang ditugaskan untuk melindungi game-game yang dirilis di Switch dari tindak pembajakan, terkhususnya kepada mereka para gamer bajakan Switch yang menjalanakan game-game terbaru melalui emulator di PC.

Tidak lupa, dalam kesempatan ini Iderto kembali menegaskan kalau implementasi Denuvo dalam game-game yang ada di Switch tidak akan memberikan dampak apapun kepada performa game.

https://twitter.com/gamingatdenuvo/status/1694245634776195547?ref_src=twsrc%5Etfw

Sejauh ini tampaknya program Denuvo ini masih belum bisa mencegah para gamer yang melakukan modifikasi di level konsol Nintendo Switch untuk menjalankan game bajakan, namun setidaknya ini adalah sebuah langkah maju dari Nintendo untuk menghadapi para pembajak, dan tidak diketahui juga game-game mana saja yang akan mengimplementasikannya atau sudah menggunakan Denuvo. Bagaimana menurut kalian? Langkah yang bagus dari Nintendo?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More