Direktur Kesehatan Mental NHS Inggris Tunjukkan Bahaya Loot Box Untuk Anak

Gerakan untuk menghapuskan loot box dari game kembali muncul di Inggris, bersamaan dengan kecaman dari salah satu pimpinan di badan kesehatan Inggris.

Berdasarkan laporan yang dibuat oleh Claire Murdoch selaku director kesehatan mental di National Health Service (NHS) Inggris, loot box adalah bahaya tersembunyi yang mengancam anak-anak.

Menurut Claire, loot box mendorong anak untuk melakukan perjudian yang ada di bawah radar hukum.

Claire juga mengatakan bahwa perusahaan game tidak seharusnya menjebak anak-anak untuk ketagihan berjudi ketika menebak isi loot box yang acak.

Saat ini loot box tidak termasuk ke dalam perundangan perjudian di Inggris, karena isinya dianggap tidak dapat ditukar ke dalam uang.

Namun kenyataannya saat ini ada website dan tempat untuk menjual beragam benda in-game dan akun game menjadi uang. 

Maka loot box menjadi blind spot di perundangan perjudian di Inggris yang belum diselesaikan hingga sekarang.

Karena sifatnya yang menebak isinya, maka Claire mengatakan loot box bisa masuk ke dalam perjudian, karena untuk membelinya butuh uang.

Claire menambahkan loot box harus menyertakan persentase dari kemungkinan mendapatkan benda di dalamnya sebelum dibeli, memberi batasan membeli untuk anak-anak, serta memberi informasi untuk orang tua akan risiko loot box.

Pada laporan tersebut juga disertakan bukti bahaya loot box bagi anak, salah satunya adalah anak yang menghabiskan uang orang tuanya sekitar 2000 Poundsterling atau sekitar 35,4 juta Rupiah berbelanja premium loot box.(*)

Sumber: PC Gamer

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More