Komposer Halo Gugat Microsoft, Serial TV Halo Terancam Tidak Tayang

Komposer musik ikonik dari Halo dikabarkan telah menggugat Microsoft atas royalty yang tidak dibayar sejak 20 tahun lalu.

Berbicara kepada Eurogamer, Marty O’Donnell menyebutkan bahwa dirinya dan komposer Mike Salvatori telah melayangkan gugatan pada Juni 2020 setelah menghabiskan waktu selama 10 tahun berusaha untuk melakukan diskusi dengan Microsoft mengenai klaim mereka.

Sang komposer mengatakan bahwa mereka telah melisensi musik Halo ke developer original Halo, Bungie, yang kemudian diakuisisi oleh Microsoft menjelang perilisan franchise tersebut di tahun 2001.

Pada saat akuisisi, O’Donnell baru saja menjadi karyawan tetap Bungie, yang berperan menjadi audio director studio tersebut. Sedangkan Salvatori tetap independen, dan bekerja di O’Donnell Salvatori Inc, dimana O’Donnell masih menjadi bagiannya.

Microsoft disebutkan berargumen bahwa musik Halo dibuat dibawa perjanjian work-for-hire alih-alih melisensikannya, dan oleh karena itu memenuhi syarat sebagai pembuat karya tersebut.

“Tidak pernah work-for-hire,” klaim O’Donnell. “Hal tersebut selalu kesepakatan lisensi.”

O’Donnell mengatakan bahwa gugatan tersebut bukan mengenai usaha dirinya dan Salvatori untuk mengklaim kepemilikan musik Halo. Sebaliknya, keduanya mengklaim bahwa royalti mereka masih belum dibayar selama bertahun-tahun.

Gugatan tersebut menuduh Microsoft melakukan pelanggaran kontrak, pelanggaran kewajiban fidusia untuk mengembangkan pendapatan royalti dalam sebuah joint venture, pelanggaran kewajiban untuk bertindak dengan itikad baik dan transaksi yang adil, kegagalan untuk menyediakan sebuah akuntansi kerja sama, dan campur tangan yang merugikan.

Jika sebuah penyelesaian gagal dalam mediasi, maka kasus ini dapat berakhir masuk ke pengadilan.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa tim hukum komposer tersebut diinstruksikan untuk mengeksplorasi apakah perintah awal dapat diberikan untuk memblokir perilisan seri TV Halo dari Paramount yang akan memulai debutnya di tanggal 24 Maret nanti.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More