Samsung Usahakan Adanya Dukungan Monitor Ultra Wide di Xbox

Adanya dukungan untuk gunakan monitor gaming ultra wide merupakan hal yang lumrah di platform PC, tetapi tidak demikian dengan console.

Itu sebabnya Samsung mulai mengambil langkah aktif untuk membujuk Microsoft, supaya mau berikan dukungan monitor ekstra lebar tersebut di Xbox.

Samsung sendiri merupakan salah satu pemain utama di industri monitor gaming ultra wide, dan melalui langkah ini ingin melebarkan sayapnya ke dunia console.

Walaupun dukungan monitor lebar bisa ditemui pada game multi platform yang masuk ke PC, tetapi untuk game console sendiri masih menganut aspect ratio 16:9.

Besaran aspect ratio tersebut lumrah ditemui di hampir semua monitor dan televisi saat ini.

Namun untuk monitor ultra wide, aspect ratio yang digunakannya adalah 21:9 dan 32:9, jauh lebih lebar dibandingkan 16:9.

Itu sebabnya ketika game console dimainkan di monitor gaming ultra wide, bagian kanan dan kirinya akan terpotong serta diisi dengan warna hitam.

Karena gambar yang dihasilkan oleh console tidak mampu menjangkau lebar dari ultra wide; bahkan kadang gambarnya menjadi ditarik dan lonjong.

Jelas pada PS4 dan Xbox One, dukungan ultra wide tidak bisa ditemui dan gamer yang membeli monitor ultra wide harus puas dengan gambar yang tidak bisa penuh di layarnya.

Bila Samsung berhasil mendapatkan keinginannya, tentunya penjualan monitor gaming ultra wide akan meningkat tajam untuk gamer console.(*)

Sumber: PCGamesN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More