Setelah 25 Tahun Playstation, Takafumi Fujisawa, Sang komposer PS1 Akhirnya Membeberkan Fungsi Dari Suara Booting Konsol PS1

Apakah yang benar-benar ikonik dari sejarah playstation pada saat konsol ini rilis? selain game eksklusifnya, bentuknya dan controllernya yang pasti ada yang lebih terkenang di antara itu semua, yaitu suara pada saat konsol playstation dinyalakan. Apalagi PS1 yang mungkin menjadi konsol yang mendobrak sony untuk membuat konsol-konsol berikutnya.

Bagi yang pernah memainkan Playstation one (PS ONE) sudah pasti sangat mengenal suara pada saat konsol dinyalakan, yaitu suara ambient dan sangat ikonik ini. Namun apakah kalian tahu suara ini ternyata mempunyai arti dan makna bagi konsol PS One ini.

Selain suara yang bagus, ternyata suara ini mempunyai manfaatnya bagi konsol PS One ini. Ternyata Suara saat konsol dinyalakan itu adalah untuk memeriksa kesehatan konsol pada saat booting. Serta mengindikasikan bahwa CD game dalam keadaan terbaca dengan normal, itu ditandai dengan suara yang berbarengan dengan logo PS dengan background hitam.

Apabila keluar Suara mundur dan terhenti lalu masuk ke menu CD player, berarti CD game tidak terbaca, ada masalah dengan CD game maupun lensa konsolnya.

YouTube player

Namun uniknya, walaupun suara itu dirancang untuk memberitahukan kondisi teknis dari konsol itu sendiri, tapi Takafumi Fujisawa sebagai pencipta suara dibalik konsol PS One ini dibuat semenarik mungkin, dan memang terbukti, bahwa suara ciptaannya sudah menjadi ikonik di dunia video games.

Takafumi Fujisawa mengatakan bahwa ia telah memikirkan struktur dan pemilihan nada serta mengumpulkan semua instrumennya hanya dalam waktu 2 minggu, dan masuk studio untuk pengerjaannya dalam waktu 2 hari saja. Ia pun menambahkan statementnya bahwa dia dari awal telah memikirkan suara dan visual yang ditampilkan menjadi semenarik mungkin, seperti perasaan pada saat waktu ke bioskop. Dan ingin memberitahukan ke para gamer yang ingin bermain PS One bahwa sesuatu yang menyenangkan akan terjadi di konsol ini. Dan nyatanya berhasil bukan?

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More