5 Game JRPG Yang Patut Dinantikan Semester Kedua Tahun 2023 Ini

Tahun 2023 ini penuh dengan game-game yang menarik dan bahkan memiliki sejumlah calon kuat untuk mendapatkan gelar Game of the Year tahun ini. Menariknya ketiga pemilik platform konsol juga masing-masing siap bertempur habis-habisan tahun ini, yakni Nintendo dengan The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom mereka, Sony melalui Square Enix dengan Final Fantasy 16, dan Microsoft melalui Bethesda dengan game Starfield mereka. Sayangnya tidak semua gamer suka dengan gameplay yang ditawarkan oleh ketiga game itu, terlebih jika kalian adalah pecinta game JRPG garis keras mungkin penasaran game-game apa saja yang patut dimainkan pada sisa tahun 2023 ini.

Dan berikut ini adalah jajaran game JRPG yang patut kalian mainkan selagi diselingi oleh game-game triple A yang siap bantai-bantaian agar bisa membawa pulang GotY.

The Legend of Heroes: Trails into Reverie

YouTube player

Salah satu game yang menutup perjalanan Trails dan juga menjadi penyambung untuk game selanjutnya yang bernama Kuro no Kiseki. Pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 2020, Trails of Reverie akhirnya akan hadir di berbagai platform pada bulan Juli nanti. Bertempat lima bulan setelah event Trails of Cold Steel IV, game ini akan menampilkan berbagai macam mini-game dengan berbagai episode dan cerita sampingan.

Sea of Stars

YouTube player

Pertama kali ditampilkan pada tahun 2020 kemarin, dan mendapatkan sejumlah penundaan untuk memastikan kualitasnya terjamin, game Sea of Stars akhirnya akan dirilis pada 29 Agustus mendatang.

Menjadi salah satu game yang menjadi surat cinta untuk para gamer JRPG lawas, game ini dikembangkan dengan mengambil inspirasi dari game seperti Illusion of Gaia, Breath of Fire, dan juga Chrono Trigger. Selain itu, Sea of Stars juga merupakan sebuah prequel dari game The Messenger yang bertempat ribuan tahun sebelum game itu.

Rune Factory 3 special

YouTube player

Digandang sebagai salah satu entri Rune Factory terbaik, Rune Factory 3 yang awalnya dirilis di konsol Nintendo DS akhirnya akan datang ke platform yang lebih modern, yakni di Switch dan juga PC. Sama seperti berbagai game Rune Factory lainnya, kalian akan berperan menjadi seorang prontagonis yang kehilangan ingatannya dan berusaha mengembalikan ingatannya selagi bercocok tanam dan melawan berbagai monster, serta membantu penduduk desa.

Berbeda dari rilisan tahun 2009, terdapat mode baru bernama Newywed Mode pada Rune Factory 3 Special ini, dimana kalian akan membuka petualangan baru setelah pernikahan kalian.

The Legend of Nayuta: Boundless Trails

YouTube player

The Legend of Nayuta: Boundless Trails, yang dikenal juga sebagai Nayuta no Kiseki di Jepang awalnya sudah dirilis pada tahun 2012 namun akhirnya akan mendapatkan sebuah versi bahasa Inggris oleh NIS America pada tanggal 5 September mendatang. Untuk gamenya sendiri memiliki gameplay yang mirip dengan Ys dan Zwei: The Ilvard Insurrections. Untuk ceritanya sendiri kalian akan berperan menjadi seorang peneliti bernama Nayuta Herschel dan menemukan dua buah dunia yang bernama Remnant Island dan World of Lost Heaven

Sword Art Online: Last Recollection

YouTube player

Tentunya kalian yang menyukai anime dan manga tidak mungkin tidak pernah mendengar yang namanya Sword Art Online karangan Reki Kawahara. Dan berkat kepopulerannya, SAO berhasil mendapatkan sejumlah adaptasi game, dan yang kali ini akan hadir adalah Sword Art Online: Last Recollection yang akan tersedia pada tanggal 5 Oktober mendatang.

Untuk ceritanya sendiri akan berbasis pada bagian arc War of Underworld namun memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan versi originalnya. Dimana versi game ini akan menghadirkan sebuah event berbeda yang ada di Sword Art Online: Alicization, dimana Kirito tidak koma, dan Eugeo masih tetap hidup.

Bagaimana dengan kalian? Game RPG mana yang akan kalian mainkan pada pertengahan tahun ini?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More