Bug PSN Buat Lisensi Game di PS3 dan Vita Berakhir

Sebuah bug PlayStation Network dikabarkan telah membuat lisensi game tiba-tiba berakhir, sehingga membuat sejumlah pemain tidak dapat memainkan game mereka di PS3, dan PS Vita. Hal ini pertama kali dilaporkan terjadi pada game Chrono Cross yang telah di beli dan di download, bug tersebut juga berdampak pada game seperti Chrono Trigger, dan game-game lainnya. Sejumlah bukti mengenai fenomena ini mengarah kepada sebuah glitch jaringan.

Awal minggu kemarin, sejumlah gamer mulai melaporkan mengenai masalah ketika memainkan game Chrono Cross versi PSOne Classic di konsol PS3. Teori awalnya adalah Square Enix telah menarik penjualan dari versi lama game tersebut, karena perilisan dari Chrono Cross: The Radical Dreamers Edition. Dimana hal tersebut juga terjadi pada perilisan Final Fantasy Pixel Remaster, dimana Square Enix menarik versi lama game tersebut dari Steam. Meski demikian, para pengguna masih dapat memainkan versi lama tersebut jika mereka telah membelinya.

Namun, untuk masalah ini dikabarkan juga berdampak pada game-game dari publisher lainnya juga. Secara spesifik, para pengguna melaporkan telah mendapatkan error yang menyebutkan bahwa lisensi game mereka telah berakhir di tanggal 1 Januari, 1970. Pesan error tersebut tampak acak, dimana memberikan dampak pada sejumlah game untuk sejumlah pemain, sedangkan untuk pemain lainnya dapat berjalan dengan baik, selain itu juga tergantung dengan konsol yang digunakan.

Edmond Tran dari GamesHub menemukan bahwa, meski Chrono Cross versi PS1 tidak lagi muncul di store PS Vita, ia masih dapat memainkan game tersebut melalui daftar download yang ia miliki. Namun di sisi lain, game tersebut tersedia di store PS3, dan dapat di install, namun menampilkan pesan error tersebut.

Mengenai masalah ini kemungkinan adalah hasil dari sebuah bug di PSN, dan Sony sejauh ini masih belum memberikan komentar apapun.

Sumber: Siliconera

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More