Ingin Main Ratchet & Clank: Rift Apart di PC? Sebaiknya Gunakan SSD

Spesifikasi yang diberikan oleh developer atau publisher untuk sebuah game biasanya bisa digunakan sebagai sebuah acuan untuk memberikan gambaran bagaimana kualitas game mereka berjalan dalam kombinasi komponen tertentu. Terlebih jika game ini merupakan sebuah port dari konsol, yang pada umumnya sudah jadi rahasia umum kalau memiliki kualitas portingan yang kurang baik, dan terkadang membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi dari seharusnya. Terutama jika game tersebut dimarketingkan untuk menunjukan kemampuan tertentu dari sebuah konsol. Seperti Ratchet & Clank: Rift Apart yang disebut akan menggunakan kemampuan maksimal dari SSD PS5, yang kini masuk ke PC dengan spesifikasi minimumnya menggunakan HDD.

Dilansir dari situs yang memiliki kredibilitas yang cukup tinggi dalam melakukan berbagai macam pengujian – Digital Foundry melakukan pengujian game Ratchet & Clank: Rift Apart versi PC menggunakan HDD 5400RPM, dengan komponen lainnya memiliki spesifiki yang sedikit lebih tinggi dari yang tertera pada spesifikasi minimum yang dianjurkan. Hasil dari pengujian ini menunjukan kalau penggunaan HDD sejenis tampaknya sangat tidak disarankan, karena meski CPU atau GPU memadai, game ini mengalami freeze, gerakan yang super lambat, dan berbagai permasalahan sejenis lainnya. Yang terparah bahkan mengalami crash.

Wajib SSD?

Hasil pengujian dari Digital Foundry tentunya memunculkan pertanyaan apakah untuk memainkan game ini memang dibutuhkan SSD? Tampaknya jawabannya adalah tidak, terkecuali jika kalian memang ingin memiliki pengalaman bermain yang nyaman tanpa adanya bagian yang terhenti.

Hal ini ditunjukan oleh Digital Foundry yang melakukan pengujian selanjutnya dengan menggunakan HDD berkecepatan 7200RPM yang disanding dengan 12900K serta RAM 64GB. Alhasil DF menyebutkan kalau settingan tersebut berhasil membuat game menjadi lebih lancar dibandingkan ketika menggunakan settingan sebelumnya dengan HDD 5400RPM, tapi mereka juga masih menemukan sejumlah bagian yang berhenti loading yang lebih panjang dari ketika menggunakan SSD.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Set up dan setting seperti apa yang kalian gunakan untuk memainkan Ratchet & Clank: Rift Apart di PC agar nyaman?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More