Sebar Rekaman Gameplay, YouTuber Jepang Masuk Penjara

YouTuber game tampaknya sudah menjadi sebuah profesi saat ini yang digeluti oleh banyak orang. Tentunya siapa yang tidak tertarik dengan pekerjaan hanya bermain game kemudian mengupload rekaman gameplay ke YouTube bisa mendapatkan pundi-pundi uang, walau pada kenyataannya tidak semudah itu. Karena salah-salah mengupload video kalian bisa ditutut dan masuk ke dalam penjara. Seperti yang terjadi oleh seorang YouTuber asal Jepang yang mendapat hukuman kurungan dan denda karena membagikan rekaman game.

Dikabarkan oleh Asahi melalui Anime Corner, Shinodu Yoshida – 53 tahun ditutut bersalah karena telah melanggar undang-undang hak cipta Jepang dengan menyebarkan video-video tanpa izin. Yoshida sendiri mendapatkan tuntutan karena membagikan tiga buah video di YouTube antara September 2019 hingga Mei 2022, yang berisikan rekaman game dari visual novel Steins;Gate: My Darling’s Embrace yang dirilis pada tahun 2011, dan mengedit rekaman sebuah film anime.

Steins Gate My Darling’s Embrace

Salah satu bagian yang menyebabkannya masuk adalah karena ia membagikan akhir dari visual novel Steins;Gate tersebut, dengan alasan karena visual novel adalah sebuah game “duduk baca tamat” maka bisa dibilang dengan menonton gameplay miliknya di YouTube sama saja merasakan langsung game tersebut. Dengan demikian sang publisher – Spike Chunsoft akan kehilangan pendapatan karena sejumlah gamer lebih memilih untuk menonton YouTube alih-alih membeli gamenya.

YouTube player

Setelah sidang yang alot, Yoshida akhirnya mendapatkan hadiah kurungan dua tahun penjara, dan masa percobaan lima tahun, serta denda 1 juta Yen atau sekitar 104 juta Rupiah.


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More