Square Enix Umumkan Star Ocean The Second Story R, Rilis November Tahun Ini

Membahas sebuah remake tentunya tidak terlepas dari nama Square Enix yang dikenal lagi sibuk mengembangkan bagian kedua dari remake Final Fantasy 7 mereka. Tapi tahukah kalian kalau ternyata Square Enix juga sedang menangani sebuah remake untuk game mereka yang lain? yak, kita sedang membahas Star Ocean The Second Story R yang sempat ditampilkan dalam acara Nintendo Direct untuk bulan Juni 2023 ini. Penasaran dengan apa saja yang ditawarkan oleh Square Enix pada remake ini? Mari kita bahas.

Star Ocean The Second Story R

Merupakan game kedua dari Star Ocean, game ini awalnya dirilis untuk konsol PlayStation pada tahun 1998 di Jepang, dan saking terkenalnya, game ini sampai dianggap berhasil mempengaruhi game-game RPG generasi selanjutnya. Dan sebagai entri yang paling populer dalam seri ini, entri ini bahkan mendapatkan adaptasi manga dan seri anime bernama Star Ocean EX. Selain itu gam eini juga sempat mendapatkan sebuah entri di PSP dengan sub judul Second Evolution yang juga hadir di PlayStation 3, PlayStation 4, dan PlayStation Vita.

Untuk ceritanya sendiri cukup klasik, dimana kalian berperan menjadi Claude C. Kenny, seorang officer muda di Pangalactic Federation yang berhasil menyelamatkan seorang gadis bernama Rena Landford yang mengira Claude adalah sesosok tokoh dari mitologi kampung halamannya, seorang pahlawan yang memiliki Sword of Light, yang diharapkan bisa menyelamatkan negaranya.

Square Enix Umumkan Star Ocean The Second Story R, Rilis November Tahun Ini

Dual Hero

Meski merupakan sebuah remake, Star Ocean The Second Story R juga tetap memepertahankan sistem Dual Hero mereka. Sesuai dengan namanya, kalian bisa memilih satu antara dua karakter utama untuk dimainkan, dengan masing-masing prontagonis ni memiliki kisah yang berbeda, dengan event cerita yang akan semakin jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya, serta perbincangan dengan karakter lainnya akan mengungkap berbagai hal yang baru.

Karakter

Tentunya karena dikembangkan sebagai sebuah remake, Yukihiro Kajimoto mendesain ulang seluruh ilustrasi dari tiga belas karakter yang bisa kalian gunakan, dan tentunya berbagai macam NPC yang akan kalian temukan dalam game ini. Seperti apa perbedaannya? Bisa kalian temukan di bawah ini.

Square Enix Umumkan Star Ocean The Second Story R, Rilis November Tahun Ini

Claude C. Kenny

Memiliki pangkat letnan dua di Pangalatic Federation. Mulai dari masa kecilnya hingga kini ia selalu merasa berada di bayang-bayang ayangnya, sehingga membuat dirinya tidak percaya diri dengan kemampuannya sendiri.

Square Enix Umumkan Star Ocean The Second Story R, Rilis November Tahun Ini

Rena Lanford

Seorang gadis yang tinggal dengan ibunya Westa di Arlia, sebuah desa yang jauh dari Expel. Memiliki kepribadian yang ramah membuatnya disukai dan disegani oleh banyak orang.

Square Enix Umumkan Star Ocean The Second Story R, Rilis November Tahun Ini

Celine Jules

Seorang simbologis dari Marze. Lebih menyukai latihan dan uang dibandingkan cinta, ia biasanya melakukan treasure hunting sebagai hobi selama ia senggang. Dalam pertarungan ia berperan menjadi support untuk membantu pertarungan menjadi lebih mudah.

Square Enix Umumkan Star Ocean The Second Story R, Rilis November Tahun Ini

Ashton Anchors

Seorang ahli pedang yang dihinggapi oleh naga berkepala dua yang bertemu dengan Claude dan Rena ketika mereka mencoba untuk membunuh seekor naga berkepala dua.

Square Enix Umumkan Star Ocean The Second Story R, Rilis November Tahun Ini

Dias Flac

Seorang ahli pedang dari Arlia yang sudah mengenal Rena sejak kecil. Ia dikenal memiliki kemampuan pedang yang luar biasa di Expel, dan memiliki serangan jarak jauh yang dilancarkan dengan kemampuan pedang serta sihir yang ia miliki.

Square Enix Umumkan Star Ocean The Second Story R, Rilis November Tahun Ini

Precis F. Neumann

Seorang gadis muda yang tinggal dengan ayahnya pada sebuah kota yang berfokus di pendidikan – Linga. Dipengaruhi oleh ayahnya yang suka membuat barang-barang unik, ia akhirnya tertarik dengan teknologi. Dalam bertarung ia akan menggunakan alat yang ada di tasnya seperti Robot Puncher, dan juga Robbie – sebuah robot kecil yang ia buat sendiri.

Fitur-Fitur Remake

Visual

Tentunya tidak ingin menghadirkan kualitas yang setengah-setengah, Square Enix memberikan sejumlah sentuhan yang menarik pada bagian visual Star Ocean The Second Story R ini, seperti CGI pada bagian background telah diperbarui dengan shaders spesial untuk meningkatkan ekspresi yang bisa kalian rasakan, namun tetap mempertahankan desain retro karakter mereka yang akan beraksi pada dunia 3D yang bisa dilihat 360 derajat.

Battle

Seri Star Ocean menghadirkan sebuah sistem battle yang kerena, seru namun memiliki tingkatan strategi. Dan untuk meningkatkan lebih lanjut hal ini Square Enix memperkenalkan fitur baru bernama Assault Action dan juga Break yang mengubah cara bermain game ini berbeda dari versi originalnya. Selain itu visual effect dan animasi karakter juga mendapatkan peningkatan lebih lanjut dibandingkan versi originalnya

Suara

Tidak hanya bagian visual, Square Enix juga memberikan sentuhan baru pada bagian suara untuk game ini. Berbeda dari versi PS1 semua scene akan memiliki suara dari pengisi suara originalnya, dan kalian juga bisa memilih untuk menggunakan versi PS1 atau versi PSP yang bisa kalian pilih secara individu,

Lebih lanjut, soundtrack dari game ini juga telah dibuat ulang oleh sang komposer originalnya – Motoi Sakuraba dengan tambahan audio baru namun masih tetap terasa nostalgia. Sejumlah bos dan momen tertentu dalam remake ini juga memiliki musik khusus mereka sendiri.

Purchase Bonus

Bagi kalian yang melakukan pre-order versi digital dari game ini dengan batas waktu hingga 1 November untuk konsol dan 3 November di Steam, kalian akan mendapatkan Pangalactic Federation Longsword dan juga Forest Knuckles

Sedangkan bagi kalian yang melakukan pembelian hingga tanggal 16 November untuk konsol dan 17 November untuk Steam akan mendapatkan bonus Sunrise Ring, kemudian item Resurrection Potion serta Mixed Berries sebanyak 20 buah.

Star Ocean The Second Story R dijadwalkan untuk tiba pada tanggal 2 November mendatang di PlayStation 4, PlayStation 5, Nintendo Switch, dan juga PC. Bagaimana dengan kalian? Tertarik untuk memainkan game ini?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More