Uni Eropa Minta Mulai 2027 Seluruh Konsol Handheld Harus Punya Baterai Yang Bisa Dilepas

Tentunya cukup menyebalkan jika setelah beberapa tahun penggunaan baterai dari konsol handheld kesayangan kalian mulai tidak seprima dulu dan cara satu-satunya adalah untuk menggantinya. Dan mengingat model konsol saat ini memiliki desain unibody maka kalian membutuhkan jasa pihak ketiga atau layanan resmi untuk menyelesaikan masalah yang kalian hadapi, atau mungkin dengan sedikit keberanian dan alat yang memadai serta bermodal video YouTube kalian juga bisa menyelesaikannya, meski terdapat risiko tersendiri. Tapi kabar terbarunya pihak Uni Eropa akan memaksa para pembuat konsol handheld kedepannya untuk membuat hal ini menjadi lebih mudah.

Uni Eropa Minta Mulai 2027 Seluruh Konsol Handheld Harus Punya Baterai Yang Bisa Dilepas

Seperti yang dikabarkan oleh pihak Eurogamer, Council of the European Union telah mengungkap sebuah regulasi baru yang memaksa seluruh perangkat, terutama konsol handheld gaming untuk hadir dengan baterai yang bisa diganti, dan hal ini akan berlangsung pada tahun 2027 mendatang. Tentunya tidak hanya ke bagian gaming, namun aturan ini juga diterapkan untuk seluruh perangkat yang ada, termasuk smartphone yang sudah mengadopsi desain unibody.

Untuk dampaknya sendiri, kemungkinan nantinya produk-produk Steam Deck yang akan dirilis sebagai penerus Steam Deck yang pertama, dan juga penerus dari konsol Nintendo Switch akan memiliki baterai yang bisa dilepas pasang. Perlu diketahui bahwa dampak dari regulasi ini akan dirasakan diseluruh dunia, seperti Apple yang dipaksa menggunakan port type-C oleh Uni Eropa.


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

 

Sumber: Eurogamer

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More