Yoshi-P: Saya Harap Cuman Ada Satu Platform Game Saja di Dunia

Membahas mengenai konsol tentunya terdapat tiga nama besar dalam industri game, yakni Microsoft dengan Xbox, Nintendo dengan Switch, dan juga Sony  dengan PlayStation. Tentunya game-game yang mereka tawarkan cukup berbeda terutama antara PlayStation dan Xbox dengan Switch. Namun meski hal yang ditawarkan oleh Xbox dan PlayStation mirip namun para developer game cukup sering mengalami kesulitan ketika mereka membuat sebuah game yang masuk ke platform lainnya. Hal ini tampaknya juga dirasakan oleh Producer dari Final Fantasy 16 dan Director Final Fantasy 14 – Naoki Yoshida atau Yoshi-P, yang baru-baru ini mengakui kalau ia berharap hanya ada satu konsol saja.

Yoshi-P: Saya Harap Cuman Ada Satu Platform Game Saja di Dunia

Terungkap dalam perbincangan di channel YouTube Muyao 4 Super Player, Yoshi-P membagikan pandangannya mengenai perdebatan antara PlayStation melawan Xbox. Dalam pendapatnya, yang ia sebut mungkin ia seharusnya tidak mengatakannya, ia mengakui kalau berharap bahwa hanya ada satu platform game saja, karena akan berdampak positif kepada para developer dan juga para gamer.

Pengakuan ini tentunya menarik mengingat bahwa game terbaru besutannya, Final Fantasy 16 adalah game eksklusif PlayStation 5 dengan versi PC tengah dikembangkan. Sedangkan untuk gamenya yang lain adalah Final Fantasy 14, yang eksklusif di PlayStation hingga lebih dari satu dekade, sebelum akhirnya akan dirilis di Xbox Series X dan S.

Yoshi-P: Saya Harap Cuman Ada Satu Platform Game Saja di Dunia

Tentunya mengingat bahwa yang namanya pasar jika tanpa persaingan adalah sebuah pasar yang tidak sehat, karena sang produsen bisa dengan bebas menentukan harga yang ingin mereka pasung untuk barang mereka sesuka hati, seperti yang sempat terjadi dalam dunia processor pada masa AMD yang terpuruk dengan Intel yang “malas” untuk melakukan inovasi karena pangsa pasar mereka sangatlah besar, membuat para perakit PC harus membayar biaya yang mahal dengan peningkatan yang tidak signifikan.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Apakah konsol di harus hanya ada satu saja?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More