Ternyata Concord Telah Dikembangkan Selama 8 Tahun

Raden Erlangga – Dalam perayaan perilisan Concord, Jon Weisnewski, lead character designer di Firewalk Studios, mengungkapkan bahwa Concord sebenarnya telah digarap selama sekitar 8 tahun!

 

 

“Game ini sudah dalam tahap pengembangan selama kurang lebih delapan tahun, dan saya telah terlibat di dalamnya hampir lima tahun dari waktu tersebut,” ujar Weisnewski. “Hari peluncuran adalah momen yang sangat istimewa dalam karier kami, jadi hari ini benar-benar berarti. Kami sangat menghargai dukungan dan semangat positif dari kalian semua”.

Meskipun Concord menghadapi sejumlah kontroversi dan tantangan belakangan ini, Firewalk Studios dan timnya tetap optimis untuk terus mengembangkan seri ini ke depannya. Sony dan tim pengembang Concord seakan-akan ingin mengikuti jejak sukses Helldivers 2. Seperti Helldivers 2, Concord hadir sebagai game first-person shooter 5v5 yang juga dirilis serentak di PC dan PS5. Namun, Concord tampaknya menghadapi kendala di PC. Jumlah pemain yang aktif bersamaan cukup rendah di Steam selama fase beta dan saat perilisannya.

Concord mungkin menjadi contoh lain dari video game AAA yang membutuhkan waktu lama untuk dirilis di pasar yang sudah padat dengan game live service shooters.

Banyaknya PHK Besar-Besaran di Industri Game

Sony sendiri telah mengkaji ulang ambisi mereka di bidang game live service setelah berinvestasi besar-besaran. Pada November tahun lalu, Presiden Sony Hiroki Totoki menyatakan bahwa perusahaan sedang meninjau 12 game live service PlayStation. Dan hanya berencana merilis enam di antaranya hingga akhir tahun fiskal 2025. Pada Februari tahun ini, Sony mengumumkan PHK besar-besaran yang memengaruhi sekitar 900 karyawan di seluruh divisi PlayStation secara global. Termasuk studio-studio besar seperti Insomniac, Naughty Dog, Guerrilla, Firesprite, hingga studio London PlayStation yang ditutup. Beberapa proyek game juga ikut dibatalkan.

Meskipun ada kekhawatiran mengenai masa depan Concord sebagai game live service, Weisnewski tetap penuh keyakinan: “Kami siap bertahan dan terus mengembangkan game ini selama bertahun-tahun ke depan”.

Concord sudah rilis hari ini tanggal 23 Agustus 2024, di PS5 dan PC via Steam.

Dan untuk berita seputar dunia game dan liputan lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More