PIF Kurangi Saham di Nintendo Setelah Adanya Berita Akan Menambah Investasi

Raden Erlangga – Laporan terbaru dari CNBC mengungkapkan bahwa Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi telah menurunkan saham di Nintendo. Berdasarkan pengajuan regulasi terbaru di Jepang, PIF kini hanya memiliki 7,54% saham di perusahaan tersebut, turun dari sebelumnya 8,58%. Langkah ini berlawanan dengan berita sebelumnya, yang menyebutkan bahwa PIF berencana untuk menambah investasinya di Nintendo.

Desas-desus tentang peningkatan saham PIF awalnya dilaporkan oleh outlet berita Jepang, Kyodo News. Yang mengutip wawancara dengan Pangeran Faisal bin Bandar bin Sultan Al-Saud, wakil ketua dari unit permainan PIF, Savvy Games Group, di Tokyo Game Show 2024. Dalam wawancara tersebut, Pangeran Faisal mengungkapkan bahwa menambah kepemilikan saham di Nintendo adalah “selalu menjadi kemungkinan.” Namun menekankan bahwa tidak ada urgensi dalam membuat investasi tambahan. Pangeran Faisal juga menyatakan bahwa penting untuk menjaga komunikasi dengan mitra dan tidak terburu-buru dalam melakukan keputusan tersebut.

Spekulasi ini sempat membuat harga saham Nintendo naik 4,4% pada hari Senin setelah laporan Kyodo News dirilis. Namun, keesokan harinya, harga saham kembali turun secara tipis setelah kabar tentang pengurangan saham PIF muncul setelah pasar tutup. Langkah pengurangan saham ini memicu dugaan adanya potensi manipulasi pasar. Dengan beberapa pihak menyebutkan bahwa rumor tersebut mungkin sengaja diciptakan untuk mempengaruhi nilai saham Nintendo. Meskipun belum ada investigasi resmi terkait tuduhan ini.

Meski saham PIF di Nintendo sedikit berkurang, Arab Saudi tetap menjadi salah satu pemegang saham terbesar di perusahaan game asal Jepang ini. Dengan pasar konsol game yang mulai melambat dan Nintendo yang tengah menghadapi penurunan penjualan perangkat Switch, banyak pihak yang kini menantikan pengumuman konsol penerusnya. Nintendo sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa mereka akan mengungkapkan konsol baru tersebut pada tahun fiskal ini. Meskipun detail lebih lanjut mengenai spesifikasi atau tampilan konsol masih belum terungkap.

Dan untuk berita seputar dunia game dan liputan lainnya bisa kalian dapatkan di channel YouTube, Instagram dan juga situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More