John Madden, Nama Yang Berada Dibalik Madden NFL Football Telah Berpulang

John Madden, pelatih Hall of Fame NFL, penyiar legendaris, dan nama yang berada di belakang Madden NFL Football, dikabarkan telah berpulang pada usia 85 tahun.

Seperti yang dilaporkan oleh pihak NFL.com, Madden meninggal secara tak terduga pada hari Selasa kemarin, 28 Desember, 2021, namun mengenai penyebab meninggalnya beliau tidak dijelaskan lebih lanjut.

“Atas nama seluruh keluarga NFL, kami menyampaikan belasungkawa kami kepada Virginia, Mike, Joe, dan keluarga mereka,” sebut komisaris NFL, Roger Goodwell dalam sebuah pernyataan. “Kami semua mengenalnya sebagai pelatih Hall of Fame dari Oakland Raiders dan penyiar yang bekerja untuk setiap jaringan besar, namun lebih dari segalanya, ia merupakan suami, ayah, dan kakek yang setia.”

John Madden terlahir di Austin, Minnesota pada tanggal 10 April, 1936, dan dengan cepat menjadi sebuah bintang di dunia (American) football. Ia kemudian direkrut dalam putaran draft ke-21 NFL pada tahun 1958 ke Philadelphia Eagles, namun ia mengalami cedera lutut selama kamp pelatihan pertamanya, dan tidak pernah memiliki kesempatan untuk bermain di NFL.

Meski mimpinya bermain NFL telah berakhir di awal, namun ia dengan cepat menemukan kecintaannya untuk menjadi pelatih. Ia memulai karir kepelatihannya pada tahun 1960 sebagai asisten pelatih di Allan Hancock College dan dengan cepat mengambil alih tugas kepala pelatih di tahun 1962. Ia kemudian berpindah ke San Diego sebelum akhirnya dipekerjakan di NFL oleh Al Davis sebagai pelatih linebackers untuk Oakland Raiders di 1967.

Pada tahun 1969, ia dipromosikan menjadi pelatih kepala Raiders dan menjadi kepala pelatih termuda di NFL saat itu, pada usia 32 tahun. Ia kemudian pensiun dari pelatih di tahun 1979. Pada tahun 2006, Madden dilantik ke Pro Football Hall of Fame.

Meski memiliki karir yang panjang dan sukses dalam penyiaran, salah satu hal terbesar adalah meminjamkan namanya ke seri Madden NFL Football milik EA.

Pada tahun 1986, EA ingin membuat sebuah game football yang unik, dan presidennya saat itu, Trip Hawkins, programmer Robin Atonick, dan anggota staff lainnya membawa ide tersebut ke John Madden. Namun dengan cepat mengetahui bahwa Madden tidak mudah memberikan namanya.

“Jika bukan 11 lawan 11, itu bukan football asli,” jelas Madden. Karena keterbatasan teknologi waktu itu, EA memabatasi setiap pemain menjadi 6 atau 7, dan Madden tidak peduli. “Saya tidak akan menaruh nama saya di sana jika itu tidak asli,” ucap Madden saat itu.

Madden sendiri bekerja dengan tim pengembang untuk menciptakan pengalaman NFL yang autentik bagi para gamer di seluruh dunia. Pada thaun 1988, John Madden Football pertama dirilis di Apple II dan memulai menjadi salah satu franchise paling sukses dan menguntungkan di dunia gaming.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More