Proyek Layanan Spartacus Milik Sony Kemungkinan Tidak Akan Hadirkan Day One Release

Sejauh ini terdapat banyak rumor di internet mengenai jawaban PlayStation atas layanan Xbox Game Pass, yakni Project Spartacus. Sejauh ini, seperti yang dilaporkan oleh pihak Bloomberg, bahwa Sony akan menggantikan layanan PS Plus dan PS Now mereka dengan sistem tier yang menggabungkan keduanya, namun juga menghadirkan keuntungan lainnya. Dari beberapa sumber yang tersedia, semuanya sepakat bahwa Project Spartacus akan menghadirkan fitur untuk memainkan game PS1, PS2, dan PS3.

Namun, jika Project Spartacus ingin menghadapi Xbox Game Pas, layanan tersebut harus menghadirkan game first-party Sony dalam layanan tersebut di hari perilisannya, sama seperti yang dilakukan Xbox dengan IP mereka. Sayangnya hal ini tampaknya tidak mungkin terjadi, terutama ketika melihat perbedaan antara kedua perusahaan ini memasarkan konsol dan game first party mereka.

Microsoft dan Sony, kedunya memiliki pendekatan yang berbeda ketika mereka memasarkan game eksklusif mereka. Xbox menggunakan Game Pass dengan menjanjikan bahwa semua game first-party mereka akan tersedia secara gratis untuk di download dihari game tersebut dirilis untuk para pelanggan Game Pass. Hal ini tentunya memberikan dampak yang buruk pada penjualan game baru, dan Game Pass sendiri disebut tidak pernah menguntungkan, melainkan menutup kerugian. Hal ini bukanlah langkah yang menarik bagi Sony, terutama ketika melihat game eksklusif mereka.

Sony sendiri mengumumkan bahwa harga game mereka akan meningkat dari 60 USD ke 70 USD, dan meyakinkan para gamer bahwa hal tersebut akan menguntungkan mereka nanti. Faktanya, game, terutama game first-party Sony memiliki biaya yang sangat mahal, jadi cukup masuk akal jika Sony ingin meningkatkan harga game mereka dari sudut pandang bisnis. Jika melakukan langkah seperti Xbox Game Pass maka akan membuat gamer enggan membeli game baru mereka dan memukul penjualan game Sony.

Jika melihat dari luar sudut bisnis, Sony kemungkinan melihat game mereka sebagai sebuah pengalaman bergengsi yang cukup layak untuk dibeli dengan harga 70 USD. Meski tidak pernah disebutkan secara jelas ketika menaikan harga game mereka, sepertinya Sony memberikan gambaran bahwa game kami layak untuk mendapatkan harga 10 USD tambahan karena kualitasnya. Jadi jika Sony merilis game first-party mereka seperti Game Pass berarti mereka mengurangi nilai dari game mereka sendiri.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More