Serangan Cyber Pada Turnamen Minecraft Telah Melumpuhkan Internet Sebuah Negara Kecil

Lebih dari satu dekade yang lalu sejak perilisan pertamanya, Minecraft terus bertumbuh menjadi besar dan semakin besar hingga memiliki kekuatan untuk menjatuhkan seluruh internet sebuah negara.

Pada akhir pekan kemarin, sebuah turnamen besar Minecraft mengalami serangan cyber yang cukup signifikan dan menganggu internet di Andorra, sebuah negara kecil di Eropa yang berbatasan dengan Prancis dan Spanyol. Populasi negara tersebut hanya sekitar 77 ribu jiwa, kurang lebih sebanyak kapasitas stadion NFL.

NetBlocks, yang melacak pemadaman internet, mengatakan bahwa gangguan tersebut diakibatkan oleh sebuah serangan cyber yang ditargetkan pada kompetisi Minecraft, dimana telah membuat Tim Andorra tereleminasi. Kompetisi tersebut menghadirkan 150 kontestan yang berkompetisi dalam beberapa event dari Squid Game, termasuk beberapa streamer terkenal.

https://twitter.com/netblocks/status/1485050927165939713?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1485050927165939713%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fsea.ign.com%2Fminecraft%2F181263%2Fnews%2Fminecraft-tournament-cyberattack-cripples-a-small-countrys-internet

Seperti yang dapat kalian lihat pada postingan Twitter di atas, koneksi berada di angka 100 persen dan kemudian tiba-tiba turun hingga dibawah 50 persen pada waktu pemadaman. Sebuah serangan DDoS, atau yang bernama distributed denial-of-service, digunakan untuk memenuhi sebuah layanan internet dengan traffic yang banyak, sehingga membuat permasalahan jaringan yang luas dan putusnya jaringan.

Meski yang melakukan serangan ini tidak diketahi, Andorra Telecom menyebutkan bahwa para penyerang tersebut berusaha untuk menyerang YouTuber, jadi tampaknya serangan ini ditargetkan untuk membuat Team Andorra keluar dari kopetisi tersebut.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More