Tidak mau kalah dari Microsoft, Sony akhirnya umumkan spesifikasi PlayStation 5!

Baru saja beberapa hari yang lalu Microsoft mengumumkan tentang spesifikasi lengkap console terbaru mereka yang sedang dalam pengembangan yakni Xbox Series X, hari ini juga Sony tidak tinggal diam dan merilis spesifikasi lengkap untuk next-gen console mereka yaitu PlayStation 5.

PlayStation 5 akan menggunakan eight-core AMD Zen 2 CPU yang berjalan pada 3.5GHz untuk CPU dan juga 10.28 TFLOPs, 36 CUs yang berjalan pada 2.23 GHz untuk GPU. PlayStation 5 juga akan memiliki 16GB GDDR6 untuk RAM dan custom SSD sebesar 825GB untuk internal storage.

Salah satu peningkatan dari segi teknikal yang hadir di PS5 yang mana sudah diumumkan tahun lalu adalah keputusan untuk beralih ke SSD storage sebagai hard drive utama dari PS5, yang mana meningkatkan kecepatan processing dan loading times yang lebih cepat.

Berikut spesifikasi lengkap dari PlayStation 5:

ComponentSpec
CPU8x Zen 2 Cores at 3.5GHz (variable frequency)
GPU10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)
GPU ArchitectureCustom RDNA 2
Memory/Interface16GB GDDR6/256-bit
Memory Bandwidth448GB/s
Internal StorageCustom 825GB SSD
IO Throughput5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed)
Expandable StorageNVMe SSD Slot
External StorageUSB HDD Support
Optical Drive4K UHD Blu-ray Drive

Selain spefikasi diatas, Sony juga sudah menjanjikan bahwa console ini akan mendukung resolusi 8K, dan untuk resolusi 4K akan berjalan di 120Hz. Sony juga berencana untuk menambahkan 3D Audio, low power consumption mode, dan juga backwards compability dari PS4 sehingga kalian bisa memainkan game-game PS4 di console ini.

Walau spesifikasi konsol tidak sepenuhnya menjadi penentu mutlak terhadap penjualan, namun akan menarik untuk mengikuti sepak terjang persaingan kedua console raksasa dari Microsoft dan juga Sony saat perilisannya nanti.

Apakah menurutmu PlayStation 5 akan mendominasi Xbox Series X seperti pendahulu-pendahulunya?

Sumber: Gamespot, Theverge

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More