Xbox Series X Umumkan Arsitektur Velocity, Game Lebih Kecil, Loading Super Cepat

Arsitektur Xbox Series X Velocity akan memungkinkan ukuran download game menjadi semakin kecil, bottleneck pada loading screen menjadi berkurang dan secara teori memungkinkan konsol untuk meraih performa yang lebih dari harapan hardware mentahnya.

Pada sebuah postingan di Xbox News Wire, Director of Program Managemetn Xbox Series X – Jason Ronald menjeaslkan bagaimana arsitektur Velocity menjadi solusi untuk prosesor konsol yang menawarkan peningkatan yang besar dibandingkan teknologi konsol current-gen dan bahkan melebihi apa yang sudah ditawarkan komponen Series X pada awal pengumuman. Ronald menyebut “Jika desain prosesor custom kami adalah jantung dari Xbox Series X, maka Arsitektur Xbox Velocity adalah jiwanya.”

YouTube player

Ronald memberikan empat poin untuk inovasi software dan hardware yang membuat Arsitektur Velocity menjadi satu kesatuan penuh, yaitu :

  • Custom NVME SSD
    SSD pada Series X memungkinkan 40 kali lebih cepat untuk I/O throughput (pada dasarnya adalah jumlah transfer data yang memungkinkan untuk diproses konsol setiap detik) dari Xbox One, namun telah di desain agar performanya tidak turun di level tertentu. Dasarnya, para pengembang dapat mendesain game mereka tanpa perlu kesulitan mengerjakan kendala transfer data.
  • Hardware Accelerated Decompression
    Series X menggunakan kedua dekompresor standar industri LZ dan algoritma yang dirancang secara spesifik untuk mendekompresi tekstur data game. Hasilnya akan membuat ukuran penyimpanan dan waktu download per gamenya menjadi lebih kecil.
  • DirectStorage API
    Sebuah penambahan baru untuk API di DirectX memberikan pengembang kontrol penuh bagaimana mereka menetapkan dan memprioritaskan I/O dalam game mereka. Menurut Ronald, hal ini seharusnya dapat memangkas waktu loading dan membuat sistem fast travel benar-benar cepat.
  • Sampler Feedback Streaming
    Game dasarnya menggunakan kualitas tekstur yang berbeda tergantung seberapa jauh kamu berada, salah satunya saat kamu memainkan game open-world. Pohon menggunakan tekstur rendah apabila dari jauh, dan menggunakan tekstur tinggi pada saat di dekati. Seberapa banyakpun tekstur yang terlihat, game current-gen akan membutuhkan waktu loading seluruh tekstur di background. SFS memungkinkan tekstur yang di load sesuai porsinya, yang berarti loading untuk I/O menjadi lebih rendah, dan dapat digunakan untuk keperluan lain.
YouTube player

 

Kombinasi dari keempat elemen ini seharusnya, menurtu Ronald, dapat membuat Series X berjalan jauh dari ekspektasi dari komponen hardware yang mereka miliki, bahkan memungkinkan untuk membuat skenario yang sangat berbeda dari sebelumnya yang ada di dunia game.

Sumber : IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More