10 Game MMO Jadul Yang Masih Dimainkan Hingga Saat Ini

Siapa yang tidak kenal dengan Massive Multiplayer Online, atau MMO? Salah satu genre game yang sudah ada sejak lama dan masih terus populer hingga saat ini seperti, dimana salah satu game terbarunya adalah New World dari Amazon yang dirilis pada sekitar akhir tahun 2021 kemarin. Tentunya meski zaman sudah berganti dan banyak game MMO yang datang dan pergi, namun masih terdapat beberapa game MMO yang tetap dimainkan hingga saat ini, bahkan memiliki umur lebih dari dua dekade.

Mungkin dari kalian sudah jenuh dengan game MMO yang dirilis pada generasi ini, dan ingin mencari hal yang baru, dan tentunya bukanlah sebuah hal yang buruk jika mungkin game MMO kalian selanjutnya adalah MMO yang telah berumur lebih dari 1 dekade.

Berikut ini sejumlah nama game MMO lawas yang mungkin menarik untuk kalian coba.

1. Anarchy Online

10 Game MMO Jadul Yang Masih Dimainkan Hingga Saat Ini
Anarchy Online

Dirilis pada tahun 2001 dan masih cukup populer hingga saat ini. Salah satu daya tarik game ini adalah dunianya yang luas serta open world yang berbasis pada science fiction dibandingkan menggunakan genre fantasy pada umumnya. Meski bukan menjadi game MMO yang pertama, namun game ini menjadi game MMO yang menggunakan genre sci-fi, dan juga merupakan game MMO FPS pertama alih-alih menggunakan serangan jarak dekat dan sihir.

Dalam 30 hari terakhir game ini memiliki sekitar 3 ribu pemain aktif.

2. Lineage II

Lineage II
Lineage II

Tentunya tidak sedikit yang mengenal Lineage 2, terutama para gamer Indonesia yang gemar pergi ke warnet. Game ini pertama kali dirilis di Korea pada tahun 2003, dan pada saat itu game ini memiliki grafis dan juga jalan cerita yang menarik. Game ini juga disebut memulai trend MMO KRPG yang masih berlanjut hingga saat ini dengan game-game seperti Lost Ark. Mengenai Lineage II sendiri merupakan salah satu MMO yang populer ketika dirilis dan masih dimainkan oleh cukup banyak orang hingga saat ini. Pada tahun 2016 kemarin game ini telah menggunakan model free to play dan tersedia di beberapa platform saat ini.

Dalam 30 hari terakhir game ini memiliki pemain aktif sekitar 4 ribu orang.

3. Dungeons & Dragons Online

10 Game MMO Jadul Yang Masih Dimainkan Hingga Saat Ini
Dungeons Dragons Online

Dungeons & Dragons online pertama kali dirilis pada tahun 2006 dan merupakan game yang berbasis pada tabletop RPG dengan nama yang sama. Game ini memiliki banyak sekali elemen yang sama dengan versi tabletop-nya, termasuk kustomisasi karakter, berbagai quest, dan juga dungeon crawling. Pertama kali game ini hanya memiliki setting campaign Eberron, namun hingga saat ini, game tersebut telah berkembang hingga Forgotten Realms yang lebih populer.

Mengenai pemain aktifnya sendiri dapat mencapai 8 ribu orang.

4. World of Warcraft

10 Game MMO Jadul Yang Masih Dimainkan Hingga Saat Ini
World of Warcraft

Dapat disebut sebagai sebuah game MMORPG paling populer dan paling dikenal sepanjang masa, World of Warcraft sendiri masih memiliki empat hingga lima juta pemain dengan game yang hampir berumur 20 tahun.

WiW sendiri merupakan game MMORPG bertemakan fantasy dimana para pemain dapat memiliki sebuah ras untuk karakter mereka, dan skill khusus untuk kelas mereka.

Sejak 2004 hingga saat ini Blizzard telah menghadirkan berbagai pembaruan serta ekspansi, dan pada tahun 2019 kemarin pihak developer memutuskan untuk merilis World of Warcraft Classic yang bertempat pada dunia WoW 2004, dan dalam waktu dekat ini game tersebut akan mendapatkan ekspansi baru, Dragonflight. Selain itu dalam kurun waktu 30 hari terakhir, tercatat terdapat 2,2 juta pemain aktif dalam game ini.

5. Eve Online

10 Game MMO Jadul Yang Masih Dimainkan Hingga Saat Ini
EVE Online

Eve Online, sebuah game MMO eksplorasi yang dirilis pada tahun 2003 dan bertempat pada dunia sains fiksi. Uniknya game ini tidak memiliki sebuah objektif yang pasti, dan para pemain bebas untuk melakukan apapun yang mereka inginkan.

Dalam game ini cukup banyak pemain yang menjalankan organisasi, dan selain itu game ini juga memiliki ekonomi yang kompleks.

Untuk dunianya sendiri, Eve Online memiliki banyak sekali sistem dan aktivitas yang dapat dilakukan seperti menambang, membajak, dan melakukan pertukaran.

Sejauh ini Eve online dikenal sebagai sebuah game MMO yang memiliki pertarungan plaing besar dan luas antar pemain. Selain itu game ini memiliki sekitar 170 ribu pemain dalam kurun waktu 30 hari terakhir.

6. Final Fantasy XI

10 Game MMO Jadul Yang Masih Dimainkan Hingga Saat Ini
Final Fantasy XI

Hampir satu dekade sebelum perilisan Final Fantsy XIV, seri Final Fantasy sendiri sudah memiliki game MMO pertama mereka yang dirilis pada tahun 2003, yang bernama Final Fantasy XI.

Game ini memiliki sejumlah fitur dan elemen yang sama dengan game MMO lainnya seperti quest, monster dan PvP. Namun game ini juga memiliki sistem job yang unik yang dapat dipilih dari berbagai kelas yang berbeda.

Meski telah berumur, FF11 masih memiliki populasi yang sehat, dimana dalam kurun waktu 30 hari terakhir ini game ini memiliki 24 ribu pemain yang aktif, serta masih mendapatkan konten baru.

7. The Lord of the Rings Online

10 Game MMO Jadul Yang Masih Dimainkan Hingga Saat Ini
The Lord of the Rings Online

Salah satu game yang cukup disenangi oleh para gamer yang dirilis oleh Turbine pada tahun 2007, yakni Lord of the Rings Online. Nama yang disingkat menjadi Lotro ini merupakan game MMO yang bertempat dalam dunia Middle-earth.

Ketika memulai game ini, kalian akan memilih satu ras untuk karakter, dan sebuah kelas berdasarkan dari karya Tolkien, seperti Burglar, Beornling, dan Warden. Game ini juga menghadirkan sejumlah quest dan area dari The Hobbit, dan The Lord of the Rings, dan juga sejumlah bangunan original yang terinspirasi dari karya Tolkien.

Awalnya game ini merupakan game berbayar yang hanya dapat di akses jika kalian berlangganan, namun sebuah versi gratis telah dirilis pada tahun 2010 kemarin.

Dalam 30 hari terakhir game ini memiliki sekitar 52 ribu pemain aktif.

8. Ultima Online

10 Game MMO Jadul Yang Masih Dimainkan Hingga Saat Ini
Ultima Online

Ultima Online salah satu game MMO yang berasal dari seri game lawas Ultima, dimana seri pertamanya dirilis pada 1981. Untuk Ultima Online sendiri adalah game yang dirilis pada tahun 1997 dan merupakan game sandbox MMO, jadi kalian tidak memiliki objektif sama sekali dan bebas untuk melakukan apapun yang kalian inginkan.

Game ini juga memiliki berbagai banyak event dan organisasi yang dijalankan oleh pemainnya sendiri mirip dengan Eve Online.

Meski memiliki umur hampir 25 tahun, game ini masih memiliki sekitar 9 ribu pemain aktif dalam kurun waktu 30 hari terakhir.

9. EverQuest

10 Game MMO Jadul Yang Masih Dimainkan Hingga Saat Ini
EverQuest

Pada awal tahun ini, EverQuest merayakan ulang tahunnya yang ke-21, dimana angka tersebut cukup luar biasa untuk sebuah game MMORPG. Namun jika sebuah game MMORPG biasanya menggunakan model fantasy abad pertengahan Eropa, EverQuest sendiri bertempat di dunia bernama Norrath, dan memiliki fokus utama pada pertarungan PvP.

Mengingat bahwa game ini telah dirilis lebih dari satu dekade yang lalu, tentunya kalian akan menemukan banyak sekali konten, salah satunya adalah 500 zona yang ada di dalamnya. Selain itu terdapat juga 16 kelas yang dapat kalian pilih dan juga 16 ras.

Memiliki usia yang lebih muda dibandingkan Ultima, EverQuest memiliki sekitar 22 ribu pemain aktif dalam kurun waktu satu bulan kebelakang.

10. Tibia

10 Game MMO Jadul Yang Masih Dimainkan Hingga Saat Ini
Tibia

Tibia, sebuah game MMO yang berasal dari abad sebelumnya, tepatnya di tahun 1995, ketika game ini dimulai oleh sejumlah mahasiswa universitas Jerman sebagai hobi mereka. Tibia sendiri kemudian dirilis pada tahun 1997, dengan setting fantasi klasik, dan masih mendapatkan berbagai update serta perbaikan bugs bersamaan dengan para gamer yang telah memainkan game tersebut selama beberapa dekade.

Mungkin bagi kalian yang baru memainkan game ini akan menganggap bahwa game ini hardcore, dimana jika karakter kalian mati maka kalian akan kehilangan status atau item secara permanen.

Dirilis pada tahun yang sama dengan Ultima, 1997. Game ini memiliki sekitar 38 ribu pemain aktif dalam 30 hari terkahir ini.

Sumber: Gamerant, mmorpg.gg, mmo-population

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More