Bleak Faith: Forsaken Dituduh Curi Aset FromSoftware

Bleak Faith: Forsaken merupakan sebuah game soulslike yang baru saja dirilis dari sebuah deveoper indie bernama Archangle Studios yang menghadirkan sebuah nafas baru kepada genre game FromSoftware. Game tersebut sayangnya tengah didiskusikan mengenai seberapa miripnya dengan game Elden Ring.

Sejak perilisannya di 10 Maret kemarin, para gamer membandingkan seberapa miripnya berbagai elemen yang ada di game tersebut dengan game buatan FromSoftware.

Bleak Faith Forsaken

Perbandingannya adalah antara animasi serangan claymore dari Bleak Faith dengan uchigatana dan straight sword yang ada di Elden Ring. Salah satu karakter dari game tersebut juga sempat dibandingkan dengan Malenia dan Abyss Watchers.

Meski banyak game yang telah menggunakan animasi yang terinspirasi dari game lainnya seperti Genshin Impact dengan NieR Automata, namun disebutkan hal ini berbeda. Alih-alih mengambil inspirasi dari game FromSoftware, game indie ini langsung menarik dari game FromSoftware dengan menggunakan DSAnimStudio, dan diubah sedikit.

Developer Archangle Studio sendiri juga telah memberikan respon atas tuduhan tersebut di Steam Forums dan Discord. Mereka mengklaim kalau aset tersebut telah dibeli dari Unreal Engine Marketplace untuk “animasi yang bagus dan cocok dengan tema kami.”

“Setiap animasi yang tidak dibuat sendiri adalah dari Epic Marketplace, dan telah ada di sana selama beberapa tahun,” ujar salah satu developer yang dikenal sebagai Rola di Steam Forums.

Bleak Faith Forsaken

”Kami telah mendengar komentar ini sebelumnya, namunkalian bisa membeli animasi sendiri jika kalian ingin dimana animasi tersebut telah tersedia secara publik, dan sudah ada sejak lama.”

Selain itu pihak developer juga telah melaporkan sentimen dari para gamer ke Epic Customer Service.

Sedangkan pada pihak lainnya, terdapat postingan di Twitter yang menuduh kalau Bleak Faith menggunakan gambar yang dibuat dari AI. Sang developer akhirnya merespon kalau mereka akan mengganti ikon tersebut.

Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More