Developer Star Ocean, Tri-Ace Mengalami Kerugian Besar

Sebuah laporan dalam situs berita Jepang, Gamebiz mengindikasikan bahwa Tri-Ace, developer dari game Star Ocean, dan juga seri Valkyrie Profile, tengah dilanda kesulitan finansial. Berita ini berdasarkan laporan keuangan tri-Ace yang telah dipublikasikan untuk tahun fiskal yang berakhir pada Juni 2022.

Intinya, diungkapkan bahwa meski menghasilkan laba operasional lebih dari 171 juta Yen, pembataln proyek, penundaan pengembangan, dan kurangnya pekerjaan yang mereka dapatkan menghasilkan kerugian lebih dari 684 juta Yen. Penjualan juga hanya berkisar di 1,25 miliar Yen saja, dimana meski terlihat besar angka ini turun sebesar 42% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Laporan dari Gamebiz menunjukan bahwa tri-Ace saat ini bangkrut, atau tidak mampu melunasi pinjaman yang belum dibayar.

Meskipun tidak disebutkan dalam laporan Gamebiz, salah satu sumber yang kemungkinan menjadi masalah keuangan tri-Ace adalah Star Ocean: Anamnesis, game RPG mobile mereka. Dimana Square Enix menutup game di luar Jepang pada tahun 2019, dan di Jepang pada Juni 2021. Sebelumnya, satu-satunya proyek terkenalnya mereka adalah Star Ocean: The Divine Force yang merupakan remaster dari Star Ocean: The Last Hope yang dirilis di tahun 2017, dan remaster dari Resonance of Fate yang dirilis di tahun 2018. Dan tri-Ace tidak terlibat dalam pengembangan Valkyrie Elysium.

Star Ocean: The Divine Force sendiri akan dirilis pada tanggal 27 Oktober di PS4, PS5, Xbox Series, Xbox One, dan PC.

Sumber: Siliconera

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More