DualShock 4 Bisa Digunakan Pada PlayStation 5, Namun Tidak Dengan Gamenya

Sony Interactive Entertainment, belum lama ini memberikan konfirmasi mengenai kontroler DualShock 4, bahwa kontroler tersebut tidak akan bisa digunakan dengan game PlayStation 5. Sony menyatakan mereka percaya bahwa berbagai macam game PlayStation 5 akan menggunakan berbagai kemampuan baru dan fitur baru yang mereka bawakan di PlayStation 5, termasuk fitur yang ada di kontroler wireless DualSense. Dimana Sony memberikan pernyataan ini melalui PlayStation Blog.

Namun, Sony mengatakan bahwa, kontroler DualShock 4 dan kontroler PS4 dari pihak ketiga yang telah mendapatkan lisensi resmi bisa digunakan untuk game PlayStation 4. Sony tidak memberikan daftar mengenai game yang mendukung hal ini, tapi pihak perusahaan telah mengkonfirmasi bahwa racing wheels, arcade sticks, dan flight sticks yang mendapatkan lisensi resmi akan dapat digunakan dengan game PlayStation 5 dan game PlayStation 4 yang mendukung aksesori tersebut. PS Move Motion Controllers dan PlayStation VR Aim Controller juga bisa digunakan untuk berbagai game PS VR yang didukung, yang ada di PlayStation 5.

Hal ini berarti, para pemilik konsol PlayStation 5 harus membeli kontroler tambahan untuk memainkan game PlayStation5, sama seperti bagaimana kontroler PlayStation 3 yang tidak bisa digunakan pada konsol PlayStation 4. Sedangkan untuk pihak pesaingnya, walau kontroler Microsoft’s Xbox 360 tidak bisa digunakan pada konsol Xbox One, namun Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa akan memberikan support pada kontroler Xbox One untuk konsol Xbox Series X.

Selain itu, pihak Sony telah mengkonfirmasi bahwa Platinum dan Gold Wireless Headset, beserta headset pihak ketiga yang dihubungkan melalui port USB atau audio jack, akan tetap bisa digunakan pada PlayStation 5.

Mengenai PlayStation Camera, Sony mengatakan bahwa aksesoris tersebut bisa digunakan pada PlayStation 5 untuk memainkan game PS VR, dan Sony mengatakan bahwa adaptor PlayStation Camera akan dihadirkan tanpa biaya bagi para pengguna PS VR, untuk detail bagaimana cara mendapatkannya akan diumumkan dilain waktu.

Sebagai catatan, Sony memperingatkan bahwa tidak semua aksesoris PlayStation maupun pihak ketiga yang mendapatkan lisensi original bisa digunakan pada PlayStation 5.

Sumber: PlayStation Blog via The Verge

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More