Emulator PlayStation 3 Kini Bisa Menjalankan Semua Yang Dirilis di Konsol Tersebut

Emulasi konsol merupakan sebuah bisnis yang rumit. Dalam tingkatan terbaik, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dapat mensimulasikan kondisi software dan hardware yang sesuai yang dibutuhkan untuk menjalankan banyak game konsol. Sejumlah konsol, seperti Xbox original, dipercaya mustahil untuk sepenuhnya di emulasi di PC. Untungnya, untuk PlayStation 3, meski masih menantang, tampaknya sedikit lebih mudah untuk ditiru.

Belum lama ini, developer dari emulator PS3, RPCS3 mengumumkan bahwa kini seluruh game PS3 bisa diluncurkan menggunakan emulator tersebut. Sayangnya, tidak semuanya dapat berjalan dengan baik, dan tidak akan benar jika menyebutkan bahwa seluruh game PS3 kini dapat dimainkan di PC. Namun, hal ini masih merupakan sebuah pencapaian yang menakjubkan, dan sebuah milestone penting untuk emulator RPCS3.

Akun Twitter resmi RPCS3 mengumumkan bahwa kini tidak ada game dengan rating compatibility “Nothing.” Hal ini berarti, seluruh 3,233 game PS3 setidaknya dapat diluncurkan di PC ketika menggunakan emulator tersebut. Denagn total 2,054, atau sekitar 63.5% mendapatkan rating “Playable” pada emulator tersebut. Dengan sisanya, 36.5% setidaknya dapat berjalan hingga tingkat tertentu.

Untuk menjelaskan lebih lanjut, RPCS3 menggunakan lima tingkat sistem kompatibilitas. Sebuah rating Noting mengindikasikan bahwa sebuah game gagal untuk diluncurkan atau emulator tersebut crash. Sedangkan tingkat selanjutnya adalah Loadable, dimana berisikan game-game yang akan menampilkan sebuah display hitam, dan tidak ada apapun ketika diluncurkan. Sedangkan, game-game yang mendapatkan rating Intro akan hanya masuk sampai main menu. Terakhir, game yang mendapatkan rating Ingame, seperti God of War 3, akan berjalan di emulator tersebut namun denagn sejumlah masalah yang serius. Antara mereka tidak stabil, atau memiliki performa yang buruk, atau mengalami bug parah.

Menariknya banyak game populer PS3 berada di kategori Ingame, hal ini termasuk game Uncharted, The Last of Us, dan Gran Turismo 5.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More