Hanya 10 Persen Pemain Yang Berhasil Menyelesaikan Returnal

Returnal merupakan salah satu game yang paling besar untuk konsol PlayStation 5 yang dirilis pada tahun 2021 ini, dan cukup disebut-sebut sebagai salah satu kandidat Game of the Year oleh para penggemar PlayStation. Game action shooter tersebut menghadirkan sebuah pengalaman unik rogue-like dimana para pemain akan mengulang kembali setiap kali mereka mati. Tingkat kesulitan dari Returnal merupakan salah satu bagian mengapa game tersebut sering direkomendasikan. Namun, juga menimbulkan sebuah pertanyaan mengenai seberapa banyak pemain yang benar-benar menyelesaikan game tersebut.

Untuk memulai, definisi mengenai sebuah “penyelesaian” dari Returnal sendiri sedikit tidak jelas. Beberapa mengatakan bahwa game tersebut selesai setelah Act 2, sedangkan yang lainnya percaya bahwa game ini selesai setelah menyelesaikan Act 3, dimana kalian harus kembali memainkan game tersebut untuk membuka sebuah ending rahasia. Berangkat dari jumlah yang diberikan oleh PSN Profile, hasilnya cukup mengejutkan, dimana hanya terdapat 23% pemain Returnal yang telah meyelesaikan Act 2, dan terdapat penurunan yang signifikan ketika dibandingkan dengan Act 3 yang hanya sebesar 10% saja.

Hanya 10 Persen Pemain Yang Berhasil Menyelesaikan Returnal

Hanya 10 Persen Pemain Yang Berhasil Menyelesaikan Returnal

Sebagai pembanding, game yang berbasis naratif dengan awal dan akhir seperti God of War memiliki rating selesai mencapai 45%. Sedangkan The Last of Us 2 yang lebih linear dari God of War memiliki rating selesai 59%. 10% tingkat penyelesaian untuk Act 3 cukup menganggumkan. Dimana Returnal menunjukan bahwa mereka cukup menantang, sehingga cukup banyak pemilik PS5 yang tidak mendapatkan trophy tersebut. Pada bulan Juli kemarin, sekitar satu setengah bulan setelah perilisannya, tingkat penyelesaian Act 2 berada di angka 21% sedangkan untuk Act 3 berada di 9%.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More