Intel Ungkap Spesifikasi Arc Alchemist, Kemungkinan Akan Saingi Produk High-End Nvidia dan AMD

Terlepas dari kelangkaan komponen yang ada di industri teknologu, dimana para gamer tengah berusaha untuk mendapatkan kartu grafis baru, namun hal tersebut tidak menghentikan Nvidia dan AMD untuk merilis berbagai produk baru, dan Intel kini berada di belakang mereka. Dengan Intel belum lama ini mengumumkan sejumlah GPU Arc yang akan hadir nanti, dengan yang pertama bernama Alchemist. Tentunya hal ini cukup menarik untuk diperhatikan bagaimana Intel menghadapi para pesaingnya. Perkembangan terbaru kini telah mengungkap spesifikasi dari GPU tersebut, dengan sebuah sumber mengindikasikan bahwa kartu grafis ini dapat bersaing dengan sejumlah kartu grafis yang berada di puncak.

Dilansir dari sebuah laporan, Intel kini mengkonfirmasi spesifikasi dari GPU pertama Arc, dengan sebuah jendela perilisan yang diperkirakan pada kuartal pertama tahun depan. Pada acara InnovatiON tahun ini, raksasa teknologi tersebut mengungkapkan bahwa kartu grafis perdana tersebut akan memiliki 32 Xe Cores, yang masing-masing akan memiliki 16 Vector Engine, dan 16 Matrix Engine, yang setara dengan 512 Execution Units.

Laporan tersebut kemudian melanjutkan dengan menyebutkan bahwa Arc Alchemist masih menargetkan untuk mengalahkan sejumlah karti grafis terkuat Nvidia dan AMD yang ada di market saat ini. Dengan spesifikasi yang diberikan, hal ini berarti hardware Intel bisa bersaing dengan RTX 3070 milik Nvidia yang dirilis pada musim panas ini, yang memiliki VRAM 8GB. Meski laporan tersebut tidak menyebutkan bagaimana Alchemist ini jika dibandingkan dengan kartu grafis AMD, jika menggunakan kesetaraan dengan tim hijau, kemungkinan kartu grafis ini stara dengan RC 6700 XT, dimana muncul lebih dulu dibandingkan rivalnya, dan memiliki VRAM 12 GB.

Hal ini berarti, rumor mengenai bahwa GPU Intel kemungkinan bisa bersaing dengan 3070, atau bahkan 3070 Ti benar adanya. Satu hal yang perusahaan dapat pamerkan pada acara tahun ini adalah teknologi XeSS milik Alchemist. Teknologi ini merupakan teknologi Intel yang setara dengan DLSS Nvidia, dan FSR AMD, yang dengan cepat menjadi sebuah standar untuk industri bagi game modern dalam hal fidelitas grafis.

Sumber: Gamerant, PC Gamer

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More