Kesepakatan Akuisisi Microsoft Atas Activision Blizzard Akan Ditinjau Oleh FTC

Federal Trade Commission (FTC) Amerika Serikat dikabarkan akan mengambil alih untuk meninjau akuisisi yang dilakuan oleh Microsoft atas Activision Blizzard. Diketahui bahwa sikap FTC lebih agresif dibandingkan badan pemerintah mengenai merger raksasa teknologi.

Pihak Bloomberg melaporkan bahwa terdapat sebuah sumber yang menunjuk pihak FTC akan mengambil peran dalam memeriksa akuisisi tersebut, sebuah pekerjaan yang dilakukan bersamaan dengan Departemen Kehakiman. Perannya adalah untuk meninjau apakah kesepakatan yang memiliki nilai hampir mencapai 70 miliar USD dapat memberikan dampak negatif kepada konsumen, rival, dan juga para mitra.

Di hari yang sama ketika Microsoft mengumumkan kesepakatannya, Departemen Kehakiman dan FTC mengumumkan rencana untuk mengubah aturan merger, memperingatkan bahwa industri Amerika Serikat menjadi terkonsentrasi. Lina Khan dari FTC mengatakan bahwa konsentrasi tersebut dapat membuat peningkatan harga, dan rendahnya upah.

Wall Street Journal sebelumnya telah melaporkan bahwa FTC khawatir dengan perusahaan teknologi raksasa seperti Microsoft, dan Khan sendiri telah membingkai ulang argumen miliknya terhadap merger besar, bahwa hal tersebut tidak hanya akan memberikan dampak pada konsumen dan rival, namun juga mitra mereka, misalnya seperti dipaksa untuk menjual melalui Apple Store, atau melalui etalase digital Amazon.

FTC sendiri belum lama ini telah menggugat untuk memblokir dua merger besar, yakni pembelian Arm oleh Nvidia, dan pengambilalihan produsen mesin roket Aerojet Rocketdyne Holdings dari Lockheed Martin.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More