Metacritic Nonaktifkan User Review Di Hari Perilisan Game Agar Lebih Relevan

Metacritic inginkan orang-orang untuk memainkan gamenya terlebih dahulu sebelum melakuakn review di website mereka, sehingga saat ini Metacritic memberikan sebuah syarat bahwa usernya harus menunggu 36 jam mulai dari game ini dirilis secara global sebelum dapat memberikan review ataupun skor. Tujuannya adalah untuk menghindari gerakan review-bombing yang tidak relevan, dimana banyak orang memberikan review skor negatif pada beberapa judul game yang diberikan hanya untuk menghukum atau mengolok-ngolok sang developer.

Jika kamu menuju laman game yang baru saja dirilis di Metacritic, maka kamu akan diberikan sebuah pesan yang berbunyi “Tolong untuk luangkan waktu anda untuk memainkan gamenya telrebih dahulu,” dengan tanggal dan waktu yang spesifik kapan pengguna dapat mempublikasikan reviewnya di website ini.

Perubahan kebijakan baru ini telah diimplementasikan untuk dua game besar yang baru saja rilis seperti Ghost of Tsushima dan Paper Mario: The Origami King. Pengguna harus menunggu hingga 18 Juli pada waktu setempat untuk dapat melakukan review. Kebijakan baru ini pertamakali disadari oleh Playstation Universe pada minggu lalu, namun Forbes mengangkat berita yang sama baru-baru ini.

Review bombing, ketika sekelompok besar pengguna berbondong-bondong meninggalkan review negatif secara keseluruhan untuk menciptakan skor yang rendah untuk sebuah produk, praktik ini seringkali dilakukan untuk melawan perusahaan atau publik figur. The Last of Us Part II menjadi salah satu produk yang menjadi target di Metacritic pada perilisannya 19 Juni lalu.

Metacritic bukan satu-satunya platform yang harus berhadapan dengan masalah review bomb ini. Distribusi game milik Valve, Steam juga seringkali berhadapan dengan kejadian ini. Pada 2017 lalu, Valve menambahkan sebuah grafis bar untuk menunjukan skor negatif dan positif selama sepanjang rilis gamenya. Pada tahun lalu, Valve mengatakan akan mengivestikasi game Steam yang telah terkena review bomb dan menyembunyikan review yang tidak berhubungan dengan game.

Sumber : The Verge

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More