Nvidia Umumkan Kartu Grafis Untuk Mining, Lebih Mahal Dari 3090

Dengan dunia teknologi dan gaming masih dalam keadaan kacau, dimana orang-orang kesulitan untuk bisa mendapatkan sebuah konsol baru atau hardware PC terbaru tanpa harus mengeluarkan dana yang besar, dan terdapat beberapa faktor yang mengarah pada situasi ini. Dan tidak sedikit yang menyalahkan para penambang krypto karena membeli kartu grafis secara besar-besaran. Dengan perkiraan bahwa tindakan tersebut akan tersu menjadi penyebab masalah hingga pertengahan tahun depan, Nvidia kemudian memutuskan untuk membuar GPU yang khusus untuk para penambang. Namun, barang ini hadir dengan harga yang cukup lumayan.

Dilansir dari sebuah laporan, tampaknya CMP 170HX, merupakan sebuah kartu grafis Nvidia yang di desain khusus untuk cryptomining. Untuk harganya sendiri, kartu grafis 170HX ini dihargai 600 ribu Yen atau sekitar 74,8 juta Rupiah. Dikabarkan juga terdapat sebuah outlet yang menjual kartu grafis ini dengan harga 4,600 USD atau sekitar 65,4 juta Rupiah.

Untuk saat ini, diketahui bahwa kartu Grafis RTX 3090 dijual dibawah 1500 USD atau sekitar 21 juta Rupiah. Sedangkan jika dilihat dari salah satu e-commerce lokal, diketahui bahwa rata-rata harga untuk kartu grafis ini berada di kisaran 50 juta Rupiah. Jika dibandingkan, maka CMP 170HX ini memiliki harga yang lebih mahal dari 3090, dan kemungkinan besar para miner akan enggan untuk membelinya, meski kartu grafis ini di desain secara spesifik untuk mereka. 170HX sendiri tidak memiliki output gaming, sehingga ideal untuk para miner, namun tidak berguna untuk gamer. namun, dengan harga yang ditetapkan ini, tampaknya para miner kemungkinan lebih memilih untuk membeli GPU biasa.

Selain menghadirkan kartu grafis yang dikhususkan untuk mining, Nvidia juga telah memberikan limiter di berbagai kartu grafis mereka, sehingga menjadi lebih sulit digunakan untuk cryptomining. Sayangnya, sejumlah miner dikabarkan telah berhasil menghindari limiter tersebut.

Selain 170HX ini, Nvidia sendiri sudah menghadirkan sejumlah informasi mengenai kartu grafis yang berada di kelas bawah dari ini lini. Berdasarkan situs resmi Nvidia, perusahaan teknologi ini telah menghadirkan variasi 90HX, 50HX, 40HX, dan 30HX.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More