Valve Jelaskan Cara Mereka Memperbaiki Elden Ring di Steam Deck

Selagi Elden Ring masih memiliki sejumlah masalah di PC, versi Steam Deck kini berjalan dengan lebih baik. Dan Pierre-Loup Griffais dari Valve menjelaskan bagaimana mereka memperbaiki permasalahan yang ada pada Steam Deck dengan game tersebut.

Ketika dirilis, salah satu permasalahan terbesar bagi mereka yang memilih untuk memainkan Elden Ring di PC adalah frame rate dan stuttering. Seperti yang pernah dilaporkan oleh pihak Eurogamer, bahwa terdapat masalah pada kompilasi shader dimana game berhenti selama beberapa detik ketika sebuah visual effect baru muncul.

Tentunya permasalahan ini merupakan sebuah permasalahan yang besar di PC, karena terdapat banyak sekali jenis hardware jika dibandingkan di konsol. Dengan teori yang sama, Steam Deck juga “memiliki sebuah kelebihan, karena merupakan sebuah hardware sama seperti konsol.”

“Pada sisi Linux/Proton, kami memiliki sistem pre-caching shader yang cukup luas dengan berbagai tingkat representasi binary cache dan source-level yang telah disiapkan sebelumnya dan dibagikan ke seluruh pengguna,” kata Griffais. “Pada Deck, kami melakukannya pada tingkat selanjutnya, karena kami memiliki sebuah kombinasi GPU/driver yang unik untuk dituju, dan mayoritas dari shader yang berjalan secara lokal sudah dibuat sebelumnya di server pada infrastruktur kami. Ketika game mencoba mengeluarkan sebuah kompilasi shader dari API grafis pilihannya, biasanya di skip, karena kami menemukan entri cache yang telah dikompilasi sebelumnya di disk.”

“Stutter karena shader bukanlah mayoritas dari hambatan yang terlihat di dalam game tersebut. Contoh sebelumnya yang kami tunjukan lebih kepada bagaimana game ini membuat ribuan resource seperti command buffers di tempat-tempat tertentu, dimana membuat memory manager kami kewalahan ketika menanganinya. Kami melakukan cache lebih agresif sekarang, yang tampaknya telah banyak membantu masalah tersebut.”

Seperti yang telah ditampilkan oleh Digital Foundry sebelumnya, dengan menggunakan gabungan dari preset medium quality dengan high setting yang sudah diatur bersamaan dengan kualitas shader yang dikurangi dari medium ke low dan menggunakan cap 30fps dari Valve telah menghasilkan Elden Ring versi PS4 di 720p

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More