Teknologi FSR AMD Kini Telah Mendukung 43 Game

Ketika mendiskusikan mengenai fidelity grafis video game, dan teknologi GPU yang membantu menjalankannya, tentunya tidak dapat terlepas dari topik upscaling. Nvidia sendiri belum lama ini telah merilis alogaritma DLSS versi 2.3 mereka, dengan teknologi A.I mulai menjadi sebuah standar industri. Kekurangannya adalah bahwa untuk menggunakan teknologi Nvidia kita diharuskan memiliki kartu grafis RTX. Sedangkan di sisi lain, AMD memiliki fitur upscaling mereka sendiri yang relatif baru di market, dan tampaknya akan lebih banyak game lagi yang mendukung teknologi ini.

Dilansir dari seorang reporter PC Gamer, FidelityFX Super Resolution, atau FSR, dari AMD saat ini telah kompatibel dengan 47 game, termasuk Deathloop, Resident Evil Village, dan Call of Duty: Vanguard. AMD mengumumkan bahwa 24 game lainnya akan mendapatkan penanganan upscalling open-source tersebut segera, dan totalnya akan menjadi 71 game. Peningkatan ini cukup tinggi mengingat bahwa FSR pertama kali dirilis pada bulan Juni tahun ini, dan saat itu hanya terdapat tujuh game saja yang memanfaatkannya.

Teknologi FSR AMD Kini Telah Mendukung 43 Game

Bagi kalian yang belum mengerti teknologi ini, secara sederhana, teknologi ini melakukan upscaling gambar dengan menggambar ulang pixel untuk membuat sebuah game berjalan dengan kualitas yang sama seperti ketika memiliki resolusi yang tinggi secara native. Contohnya, sebuah game dapat berjalan di 1080p namun ketika di upscaling maka membuatnya dapat bersanding dengan 1440p tanpa memberikan beban tambahan kepada hardware. Meski Deep Learning Super Sampling dan FidelityFX Super Resolution memiliki tujuan akhir yang sama, mereka berbeda dengan Nvidia berbasis AI, sedangkan AMD menggunakan “spatial upscaling”. Selain itu, teknologi dari AMD ini kompatibel dengan kartu grafis yang sudah tua, dan termasuk beberapa GPU Nvidia.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More