Valve Klarifikasi Peraturan Yang Melarang Pengguna Steam Untuk Promosi Game DRM Lain

Baru-baru ini terungkap bahwa pembaruan pada FAQ Steamworks Community melarang developer menggunakan Steam Community Hub untuk mempromosikan versi non-Steam dari game mereka. Ini bukan suatu hal yang sering terjadi, tetapi hal ini benar-benar terjadi, terutama dengan munculnya Epic Games Store, seperti yang dicatat oleh PCGamer pada Desember 2018 lalu misalnya, Unknown World menggunakan halaman Subnautica Steam untuk mempromosikan game mereka di Epic Games Store karena EGS sendiri tidak memiliki forum seperti Steam.

FAQ tampaknya menutup pintu untuk aktivitas semacam itu di masa depan. “Di dalam game yang ada via Steam, dan komunikasi di dalam Steam, Anda hanya boleh mempromosikan versi Steam dan ketersediaan via Steam, dan tidak boleh outlet distribusi diluar Steam,” sebutnya. “Ini berlaku baik untuk versi penuh game Anda dan untuk patch konten yang mengubah versi yang ada.”

Bahasanya luas, dan beberapa pengguna membacanya sebagai larangan tidak hanya pengumuman rilis dan pembaruan di etalase lain, tetapi juga hal-hal seperti patch tidak resmi yang dirilis dari Steam. Hari ini, bagaimanapun, Valve mengeluarkan pernyataan yang mengklarifikasi bahwa kebijakan tersebut sebenarnya tidak baru sama sekali, dan bahwa FAQ diperbarui hanya untuk memastikan bahwa pengembang mendapat informasi lengkap.

“Mengenai bahasa yang diperbarui di FAQ Komunitas Steamworks; tujuan utama dari pembaruan ini adalah untuk mengingatkan pembuat konten bahwa halaman Steam mereka tidak boleh digunakan untuk aktivitas tertentu seperti untuk promosi ketersediaan eksklusif game di platform yang bersaing, promosi dari unduhan eksternal yang mengelak dari kebijakan konten Steam, atau promosi aktivitas lain yang bertentangan dengan Perjanjian Distribusi Steam, ” sebut Valve.

Sumber: PCGamer

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More