AMD Akan Dukung AM5 Sampai Tahun 2025 dan Seterusnya

AMD belum lama ini telah mengkonfirmasi bahwa ia berkomitmen pada soket CPU AM5 mereka, yang menjanjikan untuk memberikan support kepada platform tersebut sampai setidaknya tahun 2025, dan tampaknya sampai seterusnya.

Dengan CPU AMD Ryzen seri 7000, tim merah memperkenalkan memperkenalkan soket processor baru pertama dalam enam tahun ini, dan merupakan yang pertama menggunakan desain LGA. Tentunya dengan desain baru ini, kalian tidak perlu terlalu khawatir mengenai pin CPU yang bengkok lagi. Namun kalian kini harus berhati-hati dalam menangani motherboard kalian, karena pin telah berpindah ke hardware tersebut dalam soket AM5.

Soket AM4 yang telah muncul sebelum processor Zen pertama rilis, kemungkinan besar akan digantingan dengan soket baru ini. Namun, harapannya AMD tidak akan memperkenalkan soket baru setiap tahun, seperti pesaingnya.

“Kami akan membangun platfrom disekitar teknologi berikutnya jadi kalian yang mebangun [PC] hari ini dan melakukan upgrade sesuai dengan keinginan kalian tahap demi tahap,” jelas David McAfee dari AMD. “Dan, sama seperti AM4, kami akan membuat komitmen untuk mendukung platform AM5 dengan berbagai teknologi baru dan arsitektur generasi berikutnya setidaknya sampai 2025 atau lebih. Kami sangat menantikan era desktop dengan AM5.”

Namun tentunya AMD tidak akan meninggalkan AM4 begitu saja: “Kami mengharapkan AM4 dan AM5 untuk tetap bersama dalam beberapa waktu ini,” ujar Lisa Su.

AMD sendiri menghadirkan komitmen kepada kedua desain soket tersebut, dan berfokus memberikan support kepada soket-soket itu. AMD sendiri juga memastikan bahwa cooler CPU yang ada di AM4 dapat sesuai dengan seluruh motherboard AM5, yang berarti kalian tidak perlu mengganti cooler kalian ketika Zen 5 rilis di tahun 2024.

Sumber: PCGamer

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More