Apple Ban Aplikasi Streaming Stadia dan Xbox

Stadia, dan xCloud tersedia untuk melakukan streaming game pada perangkat Android, namun pihak Apple secara resmi telah menyatakan dalam sebuah wawancara dengan pihak Business Insider, bahwa mereka tidak akan mengizinkan kedua aplikasi tersebut masuk ke dalam App Store.

Banyak gamer dari Xbox sangat senang mengenai pengumuman Microsoft baru-baru ini yang menyaakan bahwa para pelangganan layanan Game Pass bisa mengakses xCloud pada bulan depan beserta library game yang besar. Namun, Microsoft hanya mengkonfirmasi ketersediaan xCloud pada pengguna Android saja, dan tidak mengucapkan apapun tentang para pengguna iPhone. Seorang juru bicara Microsoft telah mengumumkan keinginan perusahaan untuk berfokus kepada Android untuk saat ini, namun nantinya akan hadir pada semua perangkan. Sayangnya, untuk saat ini, Apple mengatakan tidak.

Seorang juru bicara dari Apple membeberkan alasan Apple melarang applikasi tersebut dalam wawancara dengan Business Insider, yang mengatakan bahwa Apple khawatir karena mereka tidak bisa me-review setiap game yang dihadirkan Game Pass. Juru bicara Apple merujuk bahwa App Store adalah sebuah tempat yang aman dan terpercaya, dan semua aplikasi yang akan masuk ke dalam App Store harus melewati serangkaian pedoman yang menjadi syarat agar aplikasi bisa masuk kedalam App Store. Namun aplikasi seperti Steam Link, dan PS4 Remote Play telah tersedia pada App Store pada tahun lalu, jadi Apple memiliki sebuah contoh yang bisa diikuti untuk memberikan izin aplikasi seperti ini pada Store mereka.

Juru bicara Apple menekankan perlunya para developer secara mandiri untuk memasukan game mereka untuk di review, dan tidak ada jaminan bahwa Xbox dan Google akan bersedia untuk melakukan ini kepada setiap game yang terhubung melalui layanan mereka. Apple saat ini sangat serius untuk meningkatkan regulasi App Store, dimana belum lama ini Apple telah menghapus hampir 30,000 aplikasi asal China dari layanan mereka. xCloud akan menghadirkan sebuah pustaka yang berisikan ratusan game, dan tentunya me-review satu per satu akan membutuhkan proses yang panjang.

Terlepas dari halangan ini, rencana menghadirkan xCloud pada iPhone sepertinya masih akan dilakukan oleh Xbox. Sedangkan untuk Google, tidak memberikan pengumuman rencana mereka mengenai Stadia di iOS.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More