Asus ROG Pecahkan Rekor RAM 6666MHz di PC AMD Ryzen

Frekuensi tervalidasi tercepat yang pernah dicapai pada modul memori DDR4 sekarang adalah 6.666,6 MHz, yang berhasil dicetak oleh Asus ROG dan partner overclocking mereka Bianbao XE. Mereka berhasil mencetak rekor menggunakan Asus ROG Strix B550-I Gaming motherboard dengan prosesor Ryzen 7 4700GE dan sebatang memory Crucial Ballistix Max.

Secara teknis, ini merupakan kali pertamanya Asus dan Bianbao telah menurunkan RAM menjadi 6.666 MHz, seperti yang divalidasi pada HWBot (via Tom’s Hardware). Namun, mereka hampir berhasil mencapai target beberapa bulan lalu, ketika mereka berhasil mencapai 6,665.4 MHz di Intel Core i9-10900K Comet Lake dengan RAM G.Skill.

Kali ini, Asus dan Bianbao mencetak rekor baru dan berhasil melangkah lebih jauh, dan sebagai hasilnya kini mereka mencapai dua spot paling atas di daftar frekuensi memory HWBot. Tidak ada penyebutan pengaturan waktu memori, tetapi kami dapat berasumsi bahwa mereka semakin longgar dan jelas sangat cepat.

Overclock jenis ini sebagian besar bersifat akademis. Memori DDR4 tercepat yang dapat kamu beli saat ini merupakan DDR-500 dari Corsair LPX Ram, G.Skill juga memiliki memori serupa yaitu DDR4-5000 menggunakan air cooling, tetapi tidak menawarkan kit yang sama untuk konsumen di frekuensi yang sama. Dan untuk Crucial, memori tercepat yang dapat kamu temukan adalah dua Ballistix Max DDR4-4400 Kits.

Dengan hadirnya rekor ini nampaknya kita tidak akan melihat kit memory DDR4 yang lebih tinggi di pasar konsumen. DI kecepatan 6,666.6 MHz, Bianbao harus menggunakan liquid nitrogen untuk membuat semuanya lebih dingin. Tetap saja, hal ini sangat menarik melihat seberapa jauh overclocker profesional dapat mendorong kekuatan hardware, yang juga terutama sangat membantu untuk melihat rekor benchmarking di sistem AMD.

Sumber: PCGamer

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More