Composer Doom Eternal tidak akan kembali terlibat dalam project doom setelah gagal memenuhi deadline

Setelah beberapa minggu lalu terjadi sebuah kontroversi dan drama antara pihak Id Software dan juga sang composer Doom Eternal yakni Mick Gordon terkait soundtrack di dalam game, akhirnya Marty Stratton buka bicara terkait masalah tersebut melalui platform Reddit.

Stratton menjelaskan bahwa walaupun soundtrack di dalam game mendapat banyak pujian dari komunitas, namun juga menuai banyak kritikkan, terutama dikarenakan Mick Gordon hanya mengerjakan 12 dari 59 soundtrack yang hadir di dalam game, yang mana sisa soundtrack lainnya dikerjakan oleh lead audio designer milik Id Software.

Composer Doom Eternal tidak akan kembali terlibat dalam project doom setelah gagal memenuhi deadline

Stratton juga mengungkapkan bahwa pada saat Doom Eternal diumumkan di E3 2019, Mick Gordon masih belum terikat kontrak apapun, yang mana Gordon baru terlibat dalam project ini di bulan Januari 2020, dan kedua belah pihak sepakat bahwa Gordon hanya akan menggerjakan 12 dari 59 soundtrack yang harus diselesaikan di awal bulan Maret.

Namun pada tanggal 24 Februari 2020, Gordon justru meminta tambahan waktu 4 minggu untuk menyelesaikan soundtrack yang diberikan, dengan jaminan bahwa ia akan mampu membawakan 30 soundtrack dengan durasi total 2 jam dalam format yang terbaik untuk Doom Eternal, dan pihak Id Software pun menyetujui hal tersebut sehingga deadline yang diberikan dindur selama 6 minggu ke pertengahan bulan April 2020.

Menginjak awal bulan April, Stratton mengungkapkan bahwa tim mereka mulai khawatir karena target yang ingin dicapai oleh Gordon tidak kunjung selesai, sehingga ia meminta Chad Mossholder yang merupakan lead audio designer untuk melakukan mixing yang dikerjakan oleh Gordon dengan versinya sendiri sebagai rencana back-up.

Composer Doom Eternal tidak akan kembali terlibat dalam project doom setelah gagal memenuhi deadline

Pada hari deadline yang ditentukan, Stratton membeberkan bahwa Gordon masih mengerjakan track audio yang dijanjikan, namun kali ini Gordon hanya dapat menjanjikan tidak lebih dari 12 track audio dengan durasi hanya 1 jam, berlawanan dengan permintaannya di bulan Februari 2020 lalu, dan soundtrack-soundtrack tersebut baru akan dikirimkan di tengah malam.

Pada akhirnya, Stratton mengungkapkan bahwa mereka sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama bersama Gordon untuk segala DLC Doom Eternal kedepannya, dan ia juga menyayangkan hal tersebut karena Stratton mengakui bahwa Gordon merupakan seorang musisi yang berbakat dan mengharapkan yang terbaik untuk Gordon kedepannya.

Sumber: VG247, Reddit

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More