Cooking Mama: Cookstar Ditarik Dari Peredaran

Game Cooking Mama: Cookstar yang sempat menjadi perbincangan di tahun 2020 kemarin karena permasalahan legalitas, dikabarkan permasalahan tersebut telah selesai. Namun kabar buruknya, game ini akan ditarik dari penjualan dan kemungkinan tidak akan kembali lagi.

Dalam sebuah perilisan pers yang dibagikan oleh pemegang lisensi Cooking Mama, Office Create mengatakan bahwa pertarungan legalitas dengan publisher Cookstar, Planet Entertainment telah selesai dan dimenangkan oleh mereka.

Dilansir dari akun Office Create, Planet Entertainment yang telah merilis Cookstar pada tahun 2020 kemarin di Switch tanpa persetujuan dari mereka, yang menyebabkan Create memutuskan untuk menarik lisensi mereka. Namun meski demikian Planet masih tetap menjual game tersebut dan bahkan merilis versi PS4 dari game itu.

Office Create kemudian membawa Planet ke pengadilan internasional, yang disebutkan Planet telah melanggar hak cipta Office Create, dan memerintahkan game tersebut untuk ditarik dari seluruh platform yang ada.

Mengenai masalahnya sendiri berawal ketika lisensi Cooking Mama: Cookstar diberikan kepada Planet Entertainment karena mereka mengajukan diri untuk mengembangkan game tersebut, namun dilansir dari Office Create game buatan mereka tidak sesuai dengan standard, dan Office meminta mereka untuk memperbaiki permasalahan yang ada kemudian menunjukannya lagi kepada mereka, namun Planet menghiraukannya dan merilis game tersebut di eShop.

Pada satu titik, developer bernama 1st Playable juga terlibat. Namun keterlibatan developer ini dihapus dari situs resmi dan tempat lainnya, sehingga tidak diketahui apa kontribusi developer ini pada game tersebut.

Menariknya terdapat sebuah game bernama Yum Yum Cookstar yang telah dirilis oleh Planet Entertainment, dan dikembangkan oleh 1st Playable. Sedangkan Office Create sendiri telah menghadirkan game Cooking Mama baru bernama Cooking Mama: Cuisine di Apple Arcade pada bulan Juli kemarin.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More