Cross-play Fortnite di PlayStation Membuat Epic Games Harus Membayar Sony

Sebelumnya, pada tahun 2018, Sony akhirnya mengizinkan cross-play pada game Fortnite dengan seluruh platform yang ada. Ternyata Epic harus setuju untuk mengeluarkan dana ekstra agar tetap dapat menjaga cross-play tetap tersedia, dan hal tersebut berlanjut sampai saat ini.

Dalam persidangan Epic vs. Apple hari ini, CEO dari Epic, Tim Sweeney menjawab beberapa pertanyaan selama beberapa jam mengenai Epic Games dan Fortnite. Mulai dari pertanyaan dangkal seperti “Tahukah anda apa itu ‘konsol’?” hingga ke pertanyaan yang jauh lebih kompleks tentang model bisnis yang diinginkan dan hubungan perusahaan dengan Apple. Di penghujung hari, pemeriksa mulai menanyakan Sweeney beberapa pertanyaan mendasar mengenai bagaimana cross-platform dijalankan di Fortnite, terutama mengenai siapa yang mendapatkan profit dari pembelian menggunakan fitur “cross-wallet” yang mengizinkan para pemain untuk membeli berbagai skin di satu platform dan kemudian menggunakannya di platform lain.

Pada saat pertanyaan ini, Sweeney menunjukan bahwa kontrak Sony telah membuat mereka mendapatkan pendapatan tambahan dari cross-platform, terutama ketika para pemain Fortnite di PlayStation secara konsisten membeli V-Bucks di perangkat lainnya namun tetap memainkan game tersebut di konsol Sony.

“Sony memiliki kebijakan yang mewajibkan jika rasio pembayaran di seluruh platform untuk pengguna PS tertentu tidak sinkron dengan waktu bermain, maka kami harus membayar mereka komisi atas pendapatan platform lain,” kata Sweeney. Jadi jika seseorang memainkan game Fortnite di PS namun membayar dengan iPhone, Epic harus memberi kompensasi ke Sony.

Pihak pemeriksa kemudian meminta Sweeney mengonfirmasi bahwa ketentunan ini diberlakukan pada saat Sony setuju untuk mengizinkan bermain cross-platform dalam Fortnite di platform mereka. Sweeney mengakui bahwa ketika V-Bucks dibeli dari satu platform kemudian digunakan di platform lainnya, setiap platform yang terlibat transaksi tersebut akan mendapatkan potongan, namun dalam kasus yang lebih spesifik lagi, Sony mendapatkan tambahan ekstra.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: