Eksekutif Sony Jelaskan Mengapa PS Plus Tidak Merilis Day One Yang Banyak Seperti Game Pass

Seorang eksekutif Sony menjelaskan mengapa layanan PlayStation Plus tidak akan mendapatkan banyak game day one sama seperti pesaingnya, Xbox Game Pass. Sony sendiri mengubah layanan berlangganan mereka menjadi tiga tier pada tahun ini. Tier Essential sama dengan PS Plus sebelumnya, namun untuk Extra dan Premium akan menghadirkan keuntungan lebih banyak. Para anggota Extra dan Premium akan mendapatkan akses ke ratusan game, termasuk game klasik dari generasi sebelumnya.

Namun tidak banyak game yang baru dirilis akan langsung hadir di PS Plus, dimana Sony telah mengkonfirmasi bahwa mereka tidak akan menghadirkan game first party AAA ke PS Plus Extra pada hari pertama perilisannya, dan hal ini juga berlaku untuk game-game third party. Namun terdapat pengecualian lainnya, dimana Sony menghadirkan Stray pada layanan berlangganan mereka tepat dihari perilisannya di bulan Juli kemarin, namun kemungkinan hal ini tidak akan dinormalisasikan, dan alasannya telah dijelaskan oleh salah seorang eksekutif Sony.

Dalam sebuah wawancara dengan pihak Games Industry, Shuhei Yoshida dari PlayStation menyebutkan bahwa Sony percaya pada sebuah perilisan premium untuk video game. Pendekatan PlayStation membantu para publisher untuk mempertahankan siklus game mereka, dan Yoshida membandingkannya dengan film yang muncul di bioskop terlebih dahulu kemudian tersedia di layanan pay-per-view, streaming, atau layanan lainnya. Menggunakan metode ini, film dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan, atau mendapatkan audiens yang lebih besar. Yoshida juga menyatakan bahwa game juga dapat datang ke PS Plus setelah enam hingga 12 bulan. Pada saat itu, penjualan game menurun, jadi jika menghadirkan game tersebut di PS Plus dapat membantu meningkatkan pemain aktif game tersebut.

YouTube player

Yoshida juga mengkonfirmasi bahwa terdapat sejumlah pengecualian, dan menyebutkan bagaimana PS Plus berkontribusi pada kesuksesan dari Rocket League dan Fall Guys dimana kedua game tersebut dirilis sebagai day one release. Dilansir dari Yoshida, selain dua di atas Stray merupakan anomali, dan ia percaya PS Plus dapat digunakan untuk meningkatkan ketertarikan akan sebuah game agar mendapatkan sekuel atau DLC.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More