EVE Online Pecahkan Rekor Dunia Guinness Sebagai Game Battle Termahal Dalam Sejarah

EVE Online, MMO antariksa yang populer, baru saja menyaksikan pertempuran terbesar dan termahal dalam sejarah game, mencetak Rekor Dunia Guinness dalam prosesnya. “The Massacre at M2-XFE” membuat kedua faksi terbesar EVE Online harus membayar biaya dengan perkiraan total 378.012 USD. Pertempuran itu adalah bagian dari perang yang mencakup alam semesta yang sedang berlangsung yang menelan biaya sebesar 700.000 USD.

Pada tanggal 31 Desember 2020, 5.000 pemain EVE PAPI dan faksi Imperium bertabrakan di wilayah M2-XFE game di dekat “Keepstar” (semacam stasiun ruang angkasa ekstra besar) ketika pasukan PAPI mulai menembaki kapal Imperium yang berlabuh. Sebelumnya pada hari itu, seorang pilot Imperium sendirian berhasil menonaktifkan “cyno jammer”, yang memungkinkan Imperium membawa bala bantuan tambahan.

Pertempuran berikutnya berlangsung sekitar 14 jam, dengan kedua faksi kehilangan kapal superkapital (jenis terbesar dalam game, kira-kira seukuran tujuh bangunan Empire State) dengan kecepatan yang relatif sama. Pertarungan hanya berhenti ketika EVE dijadwalkan untuk maintenance.

Dari 1.304 kapal Titan yang berpartisipasi dalam pertempuran tersebut, 257 di antaranya hancur. Pasukan PAPI kehilangan 130 Titan gabungan sementara Imperium kehilangan 122. Di antara semua kelas kapal, PAPI kehilangan total 1.810 kapal sementara Imperium kehilangan 1.596.

Untuk memperingati acara tersebut (dan kerusakan yang terkait), sebuah monumen resmi bertuliskan nama semua pemain yang terlibat dalam pertempuran sedang dibangun oleh developer CCP.

Perkiraan total kerusakan dalam $ USD didasarkan pada berapa banyak mata uang dalam game (disebut PLEX) yang akan dikenakan untuk mengganti setiap kapal. Namun sebagian besar kapal adalah hasil dari ribuan jam grinding para pemain untuk mendapatkan sumber daya. Kapal paling mahal yang dihancurkan selama pertempuran, Grencia Mars ‘Vanquisher diperkirakan menelan biaya setara 5.500 USD.

Terlepas dari pertumpahan darah digital, Pembantaian di M2-XFE hanyalah satu pertempuran di tengah-tengah “World War Bee 2” yang sedang berlangsung di EVE Online, perang yang mencakup alam semesta ketiga dari game tersebut.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More