Kesepakatan Tencent Epic dan Riot Games Menarik Perhatian Pemerintah AS

Pemerintahan Trump ingin tahu lebih banyak tentang keterlibatan perusahaan video game AS dengan Tencent Holdings China, yang hubungannya dengan perusahaan Amerika termasuk kepemilikan penuh Riot Games, saham minoritas yang signifikan di Epic Games, dan kesepakatan penerbitan dengan Activision Blizzard.

Bloomberg melaporkan pada hari Kamis bahwa Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CFIUS) mengirim surat kepada Epic, Riot, dan lainnya untuk menanyakan tentang protokol mereka untuk menangani informasi pribadi orang Amerika dengan aman.

Tencent adalah vendor video game terbesar di dunia, tetapi kepemilikannya di AS tidak terbatas hanya di pasar itu. Mereka juga memiliki saham di Reddit, Discord, dan pembuat Snapchat Snap Inc.

Pada Agustus, pemerintahan Trump juga mengancam akan melarang aplikasi perpesanan WeChat buatan Tencent. Rincian lebih lanjut tentang perintah eksekutif yang dihadapi Tencent diharapkan ada sekitar 20 September.

Penyelidikan CFIUS terbaru mengikuti ultimatum administrasi Trump kepada ByteDance, pemilik China dari platform media sosial TikTok, untuk menjual aplikasi itu ke perusahaan AS atau menghadapi pengusiran dari pasar Amerika. Selama enam minggu terakhir, ByteDance telah mencoba membuat resolusi yang, paling lambat, melibatkan Oracle sebagai mitra penanganan data.

Pemerintahan Trump, yang menyebut hubungan TikTok China sebagai ancaman bagi keamanan nasional, mengambil tindakannya di bawah kekuatan darurat yang diciptakan Kongres pada tahun 1977. ByteDance menggugat pemerintah AS pada akhir Agustus, menuduh bahwa tindakan pemerintah tersebut telah menghalangi proses yang seharusnya.

CFIUS meneliti akuisisi perusahaan Amerika untuk risiko terhadap keamanan nasional. Didirikan pada tahun 1975, Kongres pada tahun 1988 memberikan wewenang kepada komite untuk menolak kesepakatan yang melibatkan akuisisi asing atau kepemilikan infrastruktur penting. Departemen Keuangan mengetuai CFIUS.

Sumber: Polygon

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More