Kustom Faceplate PS5 Akan Hadir Kembali via Crowdfunding

Pada bulan kemarin CustomizeMyPlates.com dipaksa untuk mengubah nama awal mereka, PlateStation5, dan akhirnya harus membatalkan produk kustom plate PS5 mereka, karena ancaman hukum dari Sony.

Perusahaan asal Inggris tersebut akhirnya berpindah haluan dengan melakukan kustom skin untuk konsol, dan mengatakan bahwa langkah ini lebih “bijak” pada undang-undang copyright, dan paten nantinya.

Namun, Customize My Plates kini beralih ke platform crowdfunging, Gofundme untuk menghadirkan kembali faceplate kustom PS5.

Perusahaan tersebut, belum lama ini telah melakukan polling pada follower mereka di Twitter, yang menanyakan apakah mereka tertarik dengan model crowdfunding untuk plate PS5. Dan pada hari Sabtu kemarin, pihak Customize My Plate memberikan konfirmasi kepada pihak VGC bahwa mereka telah memutuskan untuk menggunakan skema tersebut. Rincian yang lebih detailnya akan diumumkan melalui media sosial.

Namun, pihak perusahaan tidak mengatakan bahwa mereka telah menyelesaikan permasalahan legalitas dengan PlayStation. Di Twitter miliknya, mengindikasikan bahwa mereka dapat membuat sebuah petisi “melobi Sony untuk memberikan mereka izin membuat plate”, dan juru bicara perusahaan tersebut mengkonfirmasi bahwa hal tersebut merupakan bagian dari rencana mereka.

Salah seorang dari perusahaan peripheral pihak ketiga mengatakan, bahwa jalan crowdfunding bisa membantu menahan ancaman legalitas yang diberikan Sony, dan mereka percaya bahwa Sony tidak bisa menghentikan penjualan plate kustom.

Orang yang tidak ingin disebutkan namanya ini mengatakan bahwa SOny tidak dapat mengontrol hal ini dalam jangka panjang, karena nantinya akan terdapat banyak perusahaan yang membuat plate tersebut, dan Sony tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan mereka.

Ia melanjutkan, “Jika barang lainnya seperti sebuah kontroler, Sony bisa bertarung dengan barang pihak ketiga yang tidak resmi tersebut dengan memberikan update kepada firmware konsol mereka, dan membloki kontroler tiruan itu. Namun untuk plate, tidak banyak yang dapat mereka lakukan. Sony tidak dapat menghentikan mereka yang membuat sebuah potongan plastik yang kebetulan cocok dipasangkan pada konsol mereka.”

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More